Manfaat Makan Buah Saat Puasa Akan Membuatmu Awet Muda

Puasa, sering kali dimanfaatkan selain sebagai ibadah wajib bagi kaum muslim, juga sebagai momen untuk melancarkan program diet. Kita membatasi makan baik saat sahur maupun berbuka, berharap akan mempercepat turunnya berat badan tanpa memperhatikan gizi yang seimbang. Tahukah kamu, bahwa setiap hari manusia membutuhkan karbohidrat 60%, protein 10-15%, dan juga vitamin? Ketidak seimbangan gizi tak jarang membuat badan menjadi lemas dan kulit terasa kering. Kalaupun berat badan turun dengan cepat, akan menyiksakan kulit yang menggelambir, kering, dan keriput, belum lagi permasalahan lambung. Itu, berarti tujuan yang diharapkan tidak tercapai. Konsumsilah buah saat sahur dan berbuka untuk menyeimbangkan gizi. Buah memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Manfaat makan buah saat puasa bisa membuat kulitmu lebih bersinar, sehat dan awet muda.

manfaat makan buah saat puasa

(c) shutterstock.com

Awet muda? Benarkah? Bagaimana buah bisa membuat kita awet muda? Sangat wajar jika pertanyaan-pertanyaan tersebut ada dalam benakmu. Jadi, mari kita uraikan satu-satu . kita mulai dari buah apa saja yang baik dikonsumsi saat puasa.

Kurma, buah dari Timur Tengah ini merupakan buah manis yang multiguna. Sudah banyak penelitian tentang manfaat buah kurma. Mengkonsumsinya saat berbuka akan membantu mengembalikan energi, selain itu juga baik untuk pencernaan. Kurma dapat dimakan secara langsung atau dicampur yogurt atau susu segar agar lebih nikmat. Nah, manfaat makan buah kurma sangat menyehatkan bukan?

Apel. Buah apel baik dikonsumsi saat puasa karena banyak mengandung Vitamin B Kompleks. Vitamin ini baik untuk membantu membentuk tubuh ideal. Apel dapat dikonsumsi langsung atau dibuat jus.

Jambu Biji. Pada jambu biji mengandung vitamin C berperan dalam membentuk dan pemeliharaan jaringan kolagen sehingga menjaga kesegaran kulit. Kita tidak perlu ketakutan lagi jika kulit menjadi kering dan kusam saat puasa. Mengkonsumsi jambu biji dapat dilakukan secara langsug ataupun dibuat jus.

Buah kurma, apel, dan jambu biji bagus dikonsumsi sebagai buah pembuka berbuka ataupun buah penutup berbuka. Selain manfaat makan buah yang disebutkan di atas, masih banyak buah lain yang kaya manfaat dan baik untuk tubuh saat puasa, seperti: pepaya, anggur, manggis, buah naga, dll. Namun, ada juga buah yang hanya bisa dikonsumsi setelah makan berat khususnya buah dengan kadar masam yang tinggi. Buah tersebut, kurang baik dikonsumsi apalagi bagi mereka penderita asam lambung.

Mengkonsumsi buah dengan teratur saat sahur dan berbuka akan membuat tubuh segar seharian, selain itu secara tidak sadar bahwa selama satu bulan puasa kita sudah melakukan program diet yang tidak menyiksa dengan hasil yang lebih maksimal. Tubuh ideal, kulit kencang dan segar. Impian setiap wanita untuk memiliki tubuh yang ideal tanpa mengganggu ibadah puasa. Sekarang percayakan kalau manfaat makan buah saat puasa bisa menyegarkan sekaligus menyehatkan? (Ayla/Ags)


DMCA.com Protection Status