Manfaat Masker Beras Selain Sebagai Cara Memutihkan Kulit Dengan Cepat

Banyak orang yang mengenal beras sebagai makanan pokok orang Indonesia, yaitu nasi. Tapi tahukah Anda bahwa beras juga memiliki manfaat yang lainnya, seperti untuk memutihkan kulit? Kandungan squalane oil, vitamin E, dan juga vitamin C yang terdapat dalam beras membuatnya menjadi sangat bermanfaat bagi kulit. Mencampurkan beras dengan beberapa bahan lainnya bisa menjadi cara memutihkan kulit dengan cepat.

cara memutihkan kulit dengan cepat

(c) shutterstock.com

Membuat masker beras melewati beberapa tahap. Sebelum bisa dicampur dengan bahan-bahan lain, beras harus diubah dulu menjadi tepung beras. Caranya tidak terlalu sulit. Ada dua cara yang bisa digunakan. Yang pertama, ambil beras, cuci bersih lalu rendam di dalam air dan biarkan semalaman. Kemudian tumbuk beras hingga halus (bisa di blender) dan jemur di bawah sinar matahari hingga kering. Tepung beras pun siap untuk digunakan. Cara yang kedua mirip dengan cara yang pertama. Bedanya, setelah dijemur hingga kering, tepung beras diayak kemudian tambahkan air mawar sedikit demi sedikit ke dalam tepung beras hingga bisa dibentuk. Bentuk menjadi bulatan-bulatan kecil dan jemur kembali hingga. Tepung beras yang menjadi bahan utama masker beras pun siap untuk digunakan.

Manfaat masker beras selain sebagai cara memutihkan kulit wajah

Setelah tepung beras jadi, kini Anda tinggal mempersiapkan bahan-bahan lainnya yang bisa dicampur untuk dijadikan masker beras. Di bawah ini adalah beberapa campuran masker beras yang bisa dijadikan cara memutihkan kulit secara alami dan cepat untuk wanita.

Masker beras dan madu

Madu yang kaya antioksidan bisa membuat kulit menjadi lebih putih dan lembab serta mengangkat sel-sel kulit mati yang ada. Cara membuat masker ini cukup mudah. Cukup dengan mencampurkan tepung beras dan beberapa tetes madu saja, masker sudah bisa jadi dan bisa dibalurkan ke kulit. Tunggu beberapa menit kemudian bilas hingga bersih.

Masker beras dan tomat

Masker ini berfungsi untuk menghilangkan jerawat dan komedo. Caranya, haluskan tomat dan tepung beras bersama-sama kemudian diaduk hingga rata. Masker beras dan tomat bisa langsung digunakan. Gosoklah kulit dengan lembut untuk mengangkat sel kulit mati.

Masker beras dan baking soda

Baking soda tidak hanya bisa digunakan untuk membuat kue saja, tetapi juga bisa menjadi rahasia kecantikan kulit Anda. Cara untuk membuat masker ini adalah dengan mencampurkan tepung beras, baking soda, dan beberapa tetes madu yang kemudian dibalurkan ke kulit. Gosok dengan lembut selama satu menit kemudian dibilas hingga bersih menggunakan air dingin. Cara ini belum umum di Indonesia jadi jika ragu-ragu tidak usah di aplikasikan ya.

Masker beras dan gula

Gula bisa dijadikan sebagai salah satu bahan scrub alami untuk mengangkat sel kulit mati. Caranya campur tepung beras dan gula serta sedikit air hingga bertekstur paste (jika terlalu kental bisa ditambah air sesuai dengan kekentalan yang diinginkan). Masker pun sudah siap untuk digunakan.

Masker air beras

Yang terakhir adalah air beras. Caranya cukup mudah. Cukup dengan mengambil air cucian beras. Jangan mengambil air cucian beras pertama karena ditakutkan air cucian yang masih kotor. Ambil tisu masker (tisu khusus masker) dan rendam sebentar di dalam air beras kemudian pakaikan ke wajah. Jika tidak memiliki tisu masker, Anda bisa menggunakan tisu yang agak tebal, beri bolongan untuk mata, hidung, dan mulut.

Membuat masker beras yang membutuhkan beberapa tahap ini mungkin membuat Anda malas untuk menggunakannya. Tapi tidak ada salahnya Anda mencoba cara memutihkan kulit dengan cepat menggunakan masker beras dengan bahan yang alami dan aman untuk digunakan ini.(Ayla/San)


DMCA.com Protection Status