Manfaatkan Beras untuk Dijadikan Masker Wajah Alami Untuk Memutihkan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan wajah yang putih. Anda bisa menggunakan berbagai macam produk perawatan pemutih wajah, meminum suplemen pemutih, atau menggunakan cara alami. Masker wajah alami untuk memutihkan saat ini tengah menjadi suatu trend karena dianggap lebih aman daripada menggunakan produk-produk dengan kandungan bahan kimia. Sobat Ayla pastinya setuju dengan hal ini Ian?

masker wajah alami untuk memutihkan

(c) shutterstock.com

Salah satu masker untuk memutihkan wajah secara alami adalah dengan menggunakan beras. Beras yang menjadi salah satu bahan pokok bagi rakyat Indonesia mengandung asam ferulic dan allantoin yang berguna sebagai anti oksidan dan anti inflamasi. Membuat masker beras ini memang sedikit rumit. Tapi, hal itu akan sebanding dengan hasil yang didapatkan. Untuk membuat masker beras, Anda perlu menyiapkan setidaknya tiga genggam beras putih. Gunakanlah beras organik, yaitu beras yang bebas dari bahan pengawet dan bahan pemutih. Anda bisa membelinya langgsung dari tempat penggilingan atau di swalayan yang menjual beras organik.

Bagaimana cara membuat masker beras ini ?

Cuci beras hingga bersih dan rendamlah di dalam air selama semalam. Keesokan harinya, butiran beras akan menjadi sedikit lembek. Tumbuk dan haluskanlah beras tersebut. Jika sudah, Anda bisa menjemurnya di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering. Setelah kering, Anda bisa menyimpannya di dalam wadah kedap udara. Hasil dari tumbukan dan pengeringan beras tersebut biasa disebut dengan tepung beras.

Bahan tambahan untuk membuat masker beras

Cara meracik masker beras juga mudah untuk dilakukan. Yang perlu Anda lakukan hanya cukup dengan mencampur dua sendok makan tepung beras dan dua sendok makan madu murni. Aduk rata hingga membentuk pasta. Anda juga bisa menambahkan sedikit minyak zaitun ke dalamnya agar mencapai kekentalan yang cukup. Aplikasikan ke seluruh area wajah menggunakan kuas. Hindari bagian mata dan bibir. Tunggu sekitar 20 hingga 30 menit atau sampai masker mengering dan kemudian bisa Anda bilas menggunakan air hingga bersih. Jangan menggosok wajah untuk mengeringkannya. Cukup menepuk-nepuk wajah dengan pelan dan lembut menggunakan handuk kering.

Manfaat beras untuk memutihkan wajah lainnya

Selain butiran beras, Anda juga bisa menggunakan air beras sebagai bahan alami untuk mencerahkan dan memutihkan wajah secara alami. Kandungan yang ada dalam air beras bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori kulit, mengencangkan kulit, mencerahkan kulit, melembutkan kulit, melindungi kulit, dan membantu regenerasi kulit wajah. Selain itu, air beras juga memiliki kadar anti oksidan yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan kulit wajah.

Seperti namanya, Anda tinggal menggunakan air yang dipakai untuk mencuci beras. Anda bisa menggunakan air dingin agar mendapat efek menyegarkan pada kulit wajah. Sebelum menggunakannya, Anda bisa mendiamkan rendaman beras tersebut selama 10 menit hingga air menjadi putih seperti susu. Ambil kapas dan celupkan ke dalam air beras. Kemudian tepukan kapas tersebut secara lembut ke seluruh area wajah. Biarkan hingga air mengering alami dengan sendirinya. Hal ini menunjukkan bahwa air beras sudah menyerap sempurna ke dalam kulit wajah.

Untuk masker beras, Anda bisa menggunakannya setidaknya satu dalam seminggu. Dan untuk air beras, Anda bisa menggunakannya setiap hari. Gunakanlah perawatan ini secara rutin agar Anda mendapat hasil yang maksimal.

Itulah alasan mengapa beras bisa menjadi masker wajah alami untuk memutihkan beserta cara membuat dan memakainya. Masker beras ini bisa dipakai di semua jenis kulit wajah, baik kulit kering, berminyak, normal, kombinasi, hingga kulit sensitif. Bagi Anda yang ingin mendapatkan kulit wajah yang putih tapi takut untuk mencoba dan menggunakan produk perawatan buatan pabrik, Anda bisa mencoba memakai masker beras ini.(Ayla/San)


DMCA.com Protection Status