Masalah Kulit Kepala yang Perlu Diwaspadai

Jika kulit kepala kita sehat, tidak akan ada masalah muncul. Tapi jika yang terjadi sebaliknya, mungkin kita mudah merasa gatal. Hal ini pasti mudah membuat kesal. Sebab mungkin kita jadi sering menggaruk-garuk kepala. Hal ini bisa memalukan ketika kita berada di dekat rekan kerja atau bos kita. Mungkin dalam pikiran mereka akan mengira kalau kita punya kutu. Padahal masalah kulit kepala bukan hanya karena kutu. Ada banyak jenis penyakit di kulit kepala yang perlu diketahui. Supaya jangan sampai hal ini menjangkiti kulit kepala kita. Mau tahu apa saja jenisnya?

masalah pada kulit kepala

(c) shutterstock.com

Ketombe adalah salah satu penyakit kulit kepala. Serpihan putih kecil ini bisa sangat menganggu. Terutama ketika kita memakai pakaian yang berwarna gelap. Ketombe itu akan jatuh dan mengotori pakaian kita. Orang lain pun mudah melihat hal ini. Meski mungkin mereka tidak akan mengingatkan kita, tapi pasti dalam hatinya akan mencap kita sebagai orang yang ketombean. Pasti ini memalukan kan? Nah, ketombe itu sendiri disebabkan karena adanya penumpukan kulit mati karena jamur. Memang ketome itu tidak berbahaya. Tapi cukup gatal dan bisa menganggu. Cara terbaik untuk mengatasi ketombe adalah dengan memilih shampoo yang tepat.

Ketombe itu sendiri adalah level ringan dari dermatitis. Ketika ketombe itu kian parah bisa menyebabkan terjadinya kemerahan pada kulit kepala serta minyak yang berlebih. Inilah yang dimaksud dengan dermatitis. Biasanya kondisi ini dialami pada kulit kepala yang berminyak. Lalu, penyakit kulit kepala lainnya yang perlu diwaspadai adalah gejala kulit kepala yang bersisik atau kekuningan. Biasanya hal ini terjadi pada bayi sehingga pada kulit kepala bayi menjadi berminyak atau terdapat kerak. Untuk masalah ini bisa diatasi dengan mengoleskan baby oil pada kulit kepala bayi. Selain juga dengan menyikat kulit kepala secara lembut untuk menghilangkan serpihannya. Pergunkan juga shampoo bayi yang lembut ketika bayi mandi. Biasanya, penyakit ini juga hilang dengan sendirinya seiring dengan meningkatnya usia bayi.

Lalu ada juga masalah kulit kepala yang sering dialami banyak orang, yakni mengidap kutu. Kutu ini menghisap darah dan bertelur di rambut. Walau ini bukan masalah yang serius, tapi tetap perlu segera diatasi. Sebab orang yang kutuan pasti tidak akan merasa nyaman. Cara gampang untuk mengatasinya adalah dengan potong rambut sependek mungkin. Selain itu bisa juga dengan menggunakan obat anti kutu yang dioleskan secara merata di rambut dan kulit kepala. Sehingga kutu itu pun mati. Alternatif cara lainnya adalah dengan menggunakan sisir kutu. Cara ini alami dan tidak menyebabkan efek samping bagi rambut dan kulit kepala kita. (Ayla/Alw)


DMCA.com Protection Status