Masalah Kulit kering Beserta Tips dan Trik Pencegahannya

Masalah yang sering timbul dan terjadi pada wanita yakni masalah kulit kering. Ada beberapa faktor penyebab timbulnya masalah kulit seperti ini. Salah satunya adalah kurangnya konsumsi air sehingga menyebabkan dehidrasi dan mengeringnya kulit. Faktor lain yang menjadi masalah terbesar adalah cuaca yang ekstrim dalam waktu lama yang dapat menyebabkan tubuh sulit beradaptasi dengan lingkungan sekitar sehingga menimbulkan masalah kulit seperti iritasi, dan gatal. Selain itu kekeringan pada kulit juga dapat mempengaruhi penampilan seseorang. Berikut beberapa tips dan trik yang bisa teman-teman lakukan untuk mengatasinya.

kulit kering

(c) shutterstock.com

Pertama adalah dengan menggunakan pelembab. Pilihan pelembab yang memenuhi kebutuhan yang dibutuhkan kulit diantara produk pelembab yang mengandung AHA, vitamin E dan C. Teman-teman dapat mengoleskannya sehari 2X dan secara rutin maka kulit yang lembut pun dengan mudah kita dapatkan. Jika teman-teman memiliki kulit yang sensitif, bahan alami seperti minyak kelapa murni dapat digunakan sebagai pengganti pelembab untuk mencegah kulit kering.

Bahan alami lain yang dapat digunakan untuk mengatasi kulit kering adalah dengan menggunakan madu dengan cara dioleskan pada bagian tubuh yang kering seperti tumit dan bibir, dan juga minyak zaitun. Banyak mengkonsumsi air putih dan menjaga pola makan juga sangat penting dilakukan untuk mencegah dan mengobati kekeringan pada kulit, terutama pada saat cuaca sangan panas.

Faktor lain yang sering dilalaikan oleh beberapa orang terutama kaum hawa yang dapat menyebabkan kekeringan pada kulit karena mandi terlalu lama. Mengunakan air keran secara langsung juga sebaiknya dihindari karena air keran mengandung fluoride dan bahan kimia lain yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Hal penting lainnya yang harus dihindari adalah mandi dengan menggunakan air hangat. Selanjutnya adalah hindari terlalu lama berada di ruangan ber-AC karena dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kasar dan bagi teman-teman yang harus bekerja diruangan yang ber-AC bisa menyiasatinya dengan mengatur suhu di ruangan. Cara lain yang harus dihindari untuk mencegah kulit kering adalah tidak bersentuhan langsung dengan bahan pembersih seperti deterjen.(Ayla/Ayu)


DMCA.com Protection Status