Masalah yang Muncul Selama Kehamilan Dan Cara Mengatasinya

Masalah yang muncul selama kehamilan – Masa kehamilan adalah waktu yang membahagiakan bagi wanita, dimana dia akan menjalani hari-hari bersama dengan janin di dalam kandungannya. Setelah menjalani masa kehamilan akan memperoleh seorang anak yang diidam-idamkan. Namun dalam masa kehamilan mungkin akan timbul berbagai masalah yang harus juga dialami wanita. Kali ini di situs panduan cara cepat hamil ini akan berbagi informasi untuk anda.

masalah-yang-muncul-selama-kehamilan

Masalah yang timbul selama masa kehamilan sebagian besar dapat diatasi dengan mudah, namun ada juga yang harus ditangani secara serius atau degan tindakan medis. Mengetahui  berbagai jenis masalah-masalah yang mungkin timbul selama masa kehamilan dan bagaimana cara mengatasi sangat diperlukan. Supaya bisa menjalani kehamilan secara aman, jika timbul masalah bisa diatasi dengan cepat dan tepat.

Tidak sedikit Masalah yang Muncul Selama Kehamilan yang ternyata jarang dibicarakan ibu hamil karena malu. Berikut adalah beberapa masalah masa hamil dan solusinya.

1. Dada Terasa Seperti Terbakar dan Kerongkongan Tidak Enak

Masalah yang Muncul Selama Kehamilan yang pertama ini disebabkan oleh perubahan hormon meningkatkan asam lambung, Ini menyebabkan tekanan di perut. Asam lambung yang meningkat pada masa kehamilan dan mudah terdorong ke arah kerongkongam sehingga menimbulkan efek seperti terbakar pada dada dan kerongkongan. Hal ini diperparah dengan perut yang bertambah besar.

Solusinya  :

Ibu perlu makan teratur, perut jangan sampai kosong. Ibu hamil juga perlu ngemil, atau sering makan namun dalam jumlah sedikit. Selain itu hindari makanan yang bisa membuat maag seperti santan, pedas, asam, dan soda.

2. Sering Sendawa, Buang Angin, dan Gampang Buang Air

Masalah yang Muncul Selama Kehamilan yang kedua ini yaitu sering sendawa, buang angin dan buang air besar. Selama masa kehamilan asam lambung yang mudah naik,di sarankan agar tidak makan kacang atau makanan lain yang bisa membuat gas dalam tubuh bertambah. Karena dapat menyebabkan progesteron dalam tubuh meningkat, sehingga membuat pencernaan menjadi sulit dan kembung.

Solusinya :

Sebaiknya makan makanan berserat dan rendah lemak sehingga mudah dicerna

Selain itu, masalah ibu hamil lebih mudah buang air kecil, batuk atau bersin saja bisa menyebabkan buang air kecil.

Solusinya :

Kondisi ini tidak dapat dihindari, karena disebabkan oleh perut yang membesar sehingga menekan kandung kemih.Disarankan agar tidak minum banyak ketika berada di perjalanan.

3. Garis Tebal di Tengah Perut

Garis tebal di tengah perut juga Masalah yang Muncul Selama Kehamilan. Tidak jarang pada bagian tengah wanita timbul garis kecokelatan hingga hitam. Garis tersebut disebut dengan linea nigra yang dihasilkan dari hormon melanocyte stimulating yang didapat dari otak wanita sehingga wanita mudah mengalami pigmentasi..

Solusinya

Hal ini tidak dapat dihilangkan atau dihindari, namun setelah kehamilan akan hilang dengan sendirinya.

4. Enggan Berhubungan Seks Saat Hamil

Selanjutnya Masalah yang Muncul Selama Kehamilan yaitu masalah hubungan seks. Hubungan seks dapat dilakukan, ini tergantung pada konsis kesehatan ibu hamil tersebut. Namun tidak boleh dianggap sebagai olahraga. Karena wanita yang hamil tidak boleh melakukan posisi yang aneh-aneh dalam hubungan seks.

Ada mitos yang mengatakan hubungan seks dapat mencederai bayi, mitos tersebut tidak benar karena bayi dalam perut terlindungi oleh plasenta. Namun pada saat trimester pertama, wanita akan enggan melakukan hubungan seks karena mual dan mood swings

5. Gigi Mudah Ngilu, Bahkan Copot

Sering juga Masalah yang Muncul Selama Kehamilan gigi ngilu dan bahkan copot. pada ibu hamil kalsium yang tinggi sangat diperlukan, karena digunakan untuk dirinya dan janin. Janin mengambil kalsium dari ibu, jika asupan kalsium ibu kurang bisa menyebabkan terjadi pengeroposan tulang dan ngilu gigi, bahkan gigi bisa copot. Ibu hamil memerlukan 1.000 mg per hari. Kalsium bisa diperoleh melalui konsumsi susu dan vitamin, selain itu bisa juga dari duri atau tulang lunak ikan.

6. Flu dan Pilek

Ada lagi Masalah yang Muncul Selama Kehamilan yang sering dialami ibu hamil yaitu flu dan pilek. Ibu mungkin bingung harus minum obat apa dan bagaimana mengatasinya. Tidak ada obat yang aman untuk ibu hamil, terutama di trimester pertama. Jika ibu hamil sakit hendak berkonsultasi pada dokter, dokter akan memberikan obat dengan risiko rendah. Risiko tidak dapat dihindari namun bisa dikurangi. Jika flu yang diderita masih ringan, sebaiknya istirahat dan minum vitamin C.

7. Banyak Keluhan

Masalah yang Muncul Selama Kehamilan  berupa keluhan-keluhan yang tidak dapat dihilangkan namun dapat disiasati dengan makan makanan seimbang, baik kualitas (vitamin, protein, karbohidrat) dan kuantitas. Jika sedang hamil sebaiknya jangan makan banyak. Tidak ada mitos makan untuk berdua, ketika hamil,wanita hanya perlu lebih 300 kalori dari kebutuhan kalori biasanya.

Selain perlu juga meningkatkan daya tahan tubuh dan menghindari stres. Menjaga kesehatan dengan olahraga dan memilih makan yang tidak membuat metabolisme menjadi lebih sulit.

Masalah yang Muncul Selama Kehamilan sering membuat ibu menjadi tidak nya, namun kondisi-kondisi ini bagaimanapun harus dilewati. Jadi hendaknya ibu hamil bisa beradaptasi dengan kondisi kehamilan, dan juga tetap harus waspada untuk masalah kesehatan yang serius, agar cepat bisa ditangani sehingga tidak membahayakan pada ibu maupun janinnya.

Referensi : http://health.detik.com/read/2013/10/11/173340/2384913/1299/3/daftar-masalah-ibu-hamil-dan-cara-mengatasinya


DMCA.com Protection Status