Masih Ragu untuk Olah Raga Saat Puasa? Dapatkan Manfaatnya

Olah raga saat puasa masih menjadi sesuatu yang sering diragukan oleh kebanyakan orang. Mereka hanya melakukan sesuatu yang terkesan “aman” dan menghindari hal-hal yang mengancam ibadah puasa mereka. Hal tersebut tentu sangat tidak salah. Namun, akan lebih baik lagi jika aktivitas olah raga tetap dilakukan meskipun sedang berpuasa. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan berolah raga saat berpuasa. Ingin tahu apa manfaat olah raga saat berpuasa?

manfaat olahraga saat puasa

(c) shutterstock.com

Manfaat olah raga saat puasa

Olah raga ternyata dapat membantu tubuh untuk melakukan Detoksifikasi

Detoksifikasi pada tubuh sangat penting untuk mengeluarkan racun-racun yang bersarang pada tubuh kita. Saat sedang berpuasa, biasanya aktivitas fisik berkurang. Hal inilah yang mengakibatkan proses detoksifikasi akan sedikit berkurang. Dengan berolah raga proses detok tersebut akan tetap berjalan dengan optimal. Sehingga sirkulasi darah akan berjalan dengan lancar. Selain itu, kelenjar getah bening akan berfungsi dengan optimal.

Meski demikian, kamu harus tetap memperhatikan kadar olah raga kamu. Jangan sampai olah raga yang kamu lakukan malah membuat kondisi fisik kamu semakin lemah, dihidrasi, dan bahkan pingsan. Lakukan olah raga yang ringan saja.

Olah raga mampu meningkatkan kebugaran tubuh

Selain dapat melakukan detoksifikasi, olah raga juga mampu meningkatkan kebugaran tubuh saat berpuasa. Orang yang berpuasa biasanya lemas dan mengantuk. Hal ini tidak akan terjadi jika tubuh anda tetap sehat dan bugar.

Olah raga dapat menurunkan berat badan

Yeah, olah raga memang selalu berhubungan dengan berat badan. Bahkan jika olah raga ini dilakukan saat berpuasa. Saat berpuasa, orang memang sangat terbatas untuk makan dan minum. Tapi jangan salah, beberapa orang malah mengalami kenaikan berat badan. Hal ini karena asupan gizi mereka semakin meningkat saat berpuasa dan keadaan tersebut tidak dibarengi dengan aktivitas fisik yang sepadan. Maka tidak mengherankan jika mereka mengalami kenaikan berat badan. Untuk itu, meskipun berpuasa, kita tetap perlu berolah raga untuk menjaga berat badan kita.

Baca juga :

Setelah mengetahui manfaat olah raga saat berpuasa diatas, apakah kamu masih tetap ragu untuk melakukannya? (Ayla/IBW)


DMCA.com Protection Status