Mengantuk Terus Saat Puasa Ramadhan? Lakukan Hal-hal Berikut Ini

Mungkin kamu sering kesal, mengapa kepala terasa berat dan mengantuk terus saat berpuasa. Akhirnya, seharian jadi tidak produktif dan cuma ingin tidur terus. Lagian kan katanya tidur itu ibadah? Eits, justru dengan tidur terus badan akan terasa tambah lemas. Loh kok bisa?

mengantuk terus saat puasa ramadhan

(c) shutterstock.com

Penyebab kantuk, apa saja kah?

Kantuk dapat menyerang bilamana otak kekurangan energi (glukosa) dan oksigen. Otak adalah organ yang butuh glukosa dan oksigen dalam jumlah besar karena terus bekerja seharian. Wajar saja saat puasa kita mengantuk, karena asupan glukosa yang dikonsumsi berkurang. Ditambah lagi bila kamu menderita anemia sehingga membuat otak jadi kekurangan oksigen.

Baca juga :

Ini dia cara mengatasi ngantuk saat puasa

Silahkan perhatikan beberapa cara mengatasi ngantuk saat menjalankan ibadah puasa berikut ini. Dan, silahkan dipraktekan agar hari-hari Anda tetap produktif dan ceria.

  1. Makan dalam jumlah yang cukup saat sahur agar tidak kekurangan energi saat berpuasa di siang hari. Usahakan pilih jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks (roti gandum, nasi merah, kentang, oatmeal) sehingga glukosa diserap perlahan-lahan dalam tubuh dan membuat energimu terus tersedia selama berpuasa. Minum air putih yang banyak agar volume darah tetap cukup untuk mengalirkan oksigen ke otak.
  2. Tambah minum suplemen zat besi bila kamu menderita anemia agar sel-sel darah merah punya cukup zat besi untuk mengikat oksigen dan menyalurkannya ke seluruh tubuh terutama otak. Bila kekurangan zat besi, bukan hanya mengantuk, tetapi tubuh juga akan jadi lemas dan cepat lelah.
  3. Lakukan aktivitas, apa saja. Dengan beraktivitas, badanmu justru tak akan lelah dan mengantuk karena glukosa simpanan di tubuh jadi dapat dipecah untuk menyediakan ‘tenaga’ bagi otak dan memproduksi oksigen yang dibutuhkan. Akan tetapi, jangan lakukan aktivitas yang berat (olahraga lari maraton misalnya) agar tidak malah jadi dehidrasi. Olahraga ringan seperti yoga dan jalan cepat dapat dilakukan sebagai pilihan aktivitas saat puasa.

Mengantuk bukan alasan untuk bermalas-malasan ya guys. Agar tidak ngantuk saat puasa justru kita mesti beraktivitas. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang cukup saat sahur untuk menunjang kebutuhan energi dan cairan selama berpuasa. Sekian cara tidak mengantuk saat berpuasa, agar puasa menjadi lebih produktif beribadah dan berkah.(Ayla/IBW)


DMCA.com Protection Status