Mengatasi Jerawat Batu Dengan Bahan Alami

Jerawat batu merupakan jenis jerawat yang bentuknya besar dan sering menimbulkan peradangan. Biasanya, jerawat batu timbul pada sekitar wajah dan jika tidak diatasi, maka bisa menimbulkan bekas pada wajah. Jenis jerawat ini biasanya timbul dikarenakan faktor genetic atau karena stress. Namun ada pendapat yang mengatakan jerawat ini bisa saja timbul karena mengkonsumsi obat tertentu dan adanya ketidakseimbangan hormon. Penyebab lainnya juga bisa dikarenakan kosmetik yang berbahan dasar minyak.

Jerawat batu_8

Selain menggunakan obat-obatan untuk mengatasi jerawat batu pada wajah, ada juga beberapa solusi yang menggunakan bahan alami yang dapat mengatasi jerawat batu. Bahan alami yang digunakan juga terbilang cukup mudah didapatkan dan murah. Dengan menggunakan bahan alami, resiko kulit iritasi dapat dihindarkan. Selain itu, cara ini juga bisa dilakukan di rumah dan mudah. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menghilangkan jerawat batu dengan menggunakan bahan alami.

1. Baking soda

Tak banyak yang tau jika baking soda ternyata bisa menghilangkan jerawat batu. Cara menggunakannya pun cukup mudah, yaitu ½ sendok teh baking soda dicampur dengan air. Lalu buat seperti pasta. Setelah itu, oleskan pada daerah yang terdapat jerawat batu dan diamkan selama 15 menit. Cara lainnya yaitu dengan menambahkan baking soda dengan garam laut dan air secukupnya. Buat hingga menyerupai pasta, lalu oleskan di daerah yang terdapat jerawat batu.

Walaupun cara ini akhir-akhir ini sangat populer dan banyak direkomendasikan tetapi kami sangat menyarankan untuk mengkonsultasikan dulu dengan konsultan kecantikan teman-teman semua sebelum menerapkan cara ini

2. Kentang

Bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat batu adalah kentang. Kentang yang masih mentah dipotong setengah bagian dan gosok pada daerah yang terkena jerawat batu. Lalu biarkan selama kurang lebih setengah jam dan bilas hingga bersih dengan air hangat.

3. Putih telur

Putih telur juga dapat digunakan mengatasi masalah jerawat batu dengan efektif. Caranya yaitu, putih telur dicampur dengan beberapa tetes madu, lalu oleskan pada wajah yang terdapat jerawat batu. Diamkan beberapa lama hingga mengering lalu bilas dengan air hingga bersih.

4. Kunyit dan madu

Bahan alami lainnya yang dapat mengatasi jerawat batu adalah kunyit dan madu. Kunyit dan madu yang dicampur dengan air jeruk nipis ini bisa dioleskan pada wajah yang mengalami jerawat batu. Selain itu, ramuan ini juga dapat mengurangi peradangan karena jerawat batu. Cara tradisional ini cukup ampuh untuk mengatasi jerawat batu yang membandel.

obat jerawat batu

5. Lidah buaya

Lidah buaya selain bermanfaat untuk perawatan rambut, juga bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah. Terutama dapat mengatasi jerawat batu yang membandel. Cara menggunakannya yaitu, oleskan getah lidah buaya yang sudah dibersihkan dan dikupas kulitnya pada bagian yang terdapat jerawat batu. Lakukan perawatan ini setiap pagi dan sore hari. Jerawat batu akan mengering selama 3 hari. Selain itu, lidah buaya juga bisa menghilangkan bekas jerawat.

Jerawat memang sangat mengganggu penampilan. Selain dapat diatasi dengan menggunakan obat-obatan berbahan dasar kimia, kita bisa mengobati jerawat dengan bahan alami. Ini karena, bahan alami tidak mengandung bahan kimia yang bisa membahayakan kulit. Selain itu, jika digunakan secara terus menerus juga tidak membuat iritasi dan aman.

Catatan : Mengatasi jerawat batu tidak hanya bisa dengan menggunakan obat kimia saja. Namun juga bisa dengan menggunakan bahan alami seperti lidah buaya, kunyit dan madu.


DMCA.com Protection Status