Menu Sahur yang Paling Praktis dan Sehat, Patut Dicoba

Menu sahur sangat menentukan kualitas puasa. Jika menu sahur sehat dan berenergi maka kamu akan lebih kuat dan enerjik. Sebaliknya jika menu sahur yang kamu konsumsi asal-asalan saja tentu energinya tidak akan mencukupi untuk mendukung aktivitas kamu selama seharian.

menu sahur praktis dan sehat

(c) shutterstock.com

Berbagai menu sehat dan mudah dibuat saat sahur

Saat tiba bulan Ramadhan saatnya para ibu sibuk untuk menyiap menu sahur. Kamu yang tidak tinggal bersama ibu berarti harus menyiapkan menu sahur sendiri. Jangan khawatir karena saya akan membantumu mengatur berbagai menu sahur yang sehat dan tentu mudah dibuat seperti berikut ini!

Nasi Putih

Nasi harus selalu ada dan menjadi menu utama karena nasi merupakan sumber karbohidrat yang sangat dibutuhkan sebagai sumber energi. Jadi ketika sahur kamu wajib mengkonsumsi nasi walau sedikit.

Sayur Sup

Sayur sop umumnya terdiri dari wortel, kentang, tomat, loncang, seledri, serta beberapa tambahan bumbu yaitu bawang merah dan bawang putih. Selain itu terkadang dilengkapi dengan rolade, irisan bakso, dan daging membuat sajian ini sangat pas disajikan saat sahur.  Karena selain rasanya lezat, sop juga menyegarkan. Sop ini akan memberikan nutrisi yang lebih bagi kamu. Tentunya,  sop sangat raktis dibuat dan enak dikonsumsi sebagai menu hangat di saat sahur.

Ayam Goreng

Daging ayam mengandung energi sebesar 595 kilo kalori dan protein 30,5 gram, maka sangat tepat dikonsumsi saat sahur. Selain tinggi kalori, ayam goreng juga tergolong lauk yang paling diminati,  baik anak-anak maupun orang dewasa. Selain ayam goreng, lauk yang bisa disajikan adalah udang goreng dan tempe goreng. Ketiga jenis lauk tersebut tergolong mudah membuatnya. Cukup dilumuri tepung bumbu lalu goreng dalam minyak. Praktis bukan?

Buah Pisang

Buah pisang kaya akan vitamin A, C, dan B6 yang  dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Buah ini juga mengandung  kalium yang bermanfaat untuk  membantu mengatur keseimbangan cairan serta elektrolit.

Teh Manis

Teh manis sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur. Teh mengandung zat antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal serangan penyakit. Teh yang disajikan dengan tambahan gula juga mampu memberi tambahan energi selama puasa.

Air Mineral

Saat berpuasa, tubuh tidak mendapat asupan cairan selama 14 jam. Untuk itu harus disiasati dengan cara mengkonsumsi air putih/air mineral saat sahur sebanyak 3 gelas, saat buka puasa 3 gelas, dan pada malam hari 2 gelas. Jadi air putih merupakan menu yang wajib disajikan dan juga menu sehat saat puasa.

Baca juga :

Dalam membuat menu sahur, sebaiknya tidak hanya melihat pada kelezatan rasanya saja namun kamu juga harus memperhatikan nilai nutrisinya. Beberapa menu yang saya sajikan tersebut selain lezat, praktis, juga sehat. Semoga bermanfaat! (Ayla/IBW)


DMCA.com Protection Status