Minyak Kelapa Untuk Kulit Kepala Berkerak dan Mengelupas

Siapapun yang sedang mengalami kulit kepala berkerak, pastilah akan merasa tak nyaman. Apalagi jika sampai kulit kepala itu mengelupas. Tangan kita akan sering menggaruk-garuk kepala. Penyebab masalah rambut ini bisa dari banyak faktor. Mungkin awalnya dari ketombe, atau bisa juga karena infeksi. Bisa juga karena kurangnya kelembaban kepala yang menyebabkan kulit kepala jadi kering. Lalu apa obat yang ampuh untuk mengatasinya?

kulit kepala berkerak

(c) shutterstock.com

Penyakit kulit kepala ini mungkin bisa disembuhkan dengan obat dari dokter. Tapi bisa juga kita mencoba melakukan pengobatan alami terhadap kulit berkerak dan mengelupas itu. Misalnya dengan menggunakan minyak kelapa yang selama ini dikenal sebagai pelembab alami. Kita bisa menggunakannya untuk mengobati kulit kepala berkerak sampai mengelupas itu. Caranya, kita ambil minyak kelapa asli dan letakkan di tangan. Lalu oleskan minyak kelapa ini pada kulit kepala sambil dipijat-pijat dengan gerakan memutar. Supaya minyak kelapa ini bisa menyerap ke dalam kulit kepala. Sehingga kelembaban kulit kepala pun bisa terjaga. Jika mau menggunakan cara ini, harus dilakukan tiap hari. Setidaknya lima belas menit dalam sehari sampai kulit kepala sembuh. Selanjutnya, lakukan dua sampai tiga kali dalam seminggu supaya kulit berkerak di kepala itu tidak kembali terjadi. Selain berguna untuk menghilangkan kulit berkerak, minyak kelapa juga bagus untuk menguatkan dan memanjangkan rambut.

Penyakit kulit kepala ini juga dapat diobati dengan minyak zaitun. Minyak yang dikenal memiliki sifat melembabkan ini bisa dipijatkan ke kulit kepala. Lakukan selama sekitar 15 menit. Setelah itu, diamkan sekitar satu jam. Baru boleh dibilas dengan menggunakan shampo. Lakukan terapi ini sampai kulit berkerak itu hilang dari kepala. Kemudian untuk mencegah timbulnya kembali kulit berkerak dan pengelupasan di kulit kepala, lakukan pemijatan dengan minyak zaitun ini sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Bahan alami yang juga ampuh untuk menyembuhkan kulit kepala berkerak adalah jeruk nipis. Bahkan bukan hanya mampu menghilangkan kerak di kulit kepala, tapi sekaligus mampu mencegah ketombe. Cara penggunaannya pun mudah yaitu dengan mengoleskan jus jeruk nipis pada kulit kepala. Lalu diamkan selama 30 menit. Tips ini sangat membantu untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati di kulit kepala. Saat melakukan metode ini, tidak cukup hanya dioleskan saja, tapi sambil dipijat-pijat dengan ujung jari. Supaya meresap di kulit kepala. Jika mau, boleh jus jeruk nipis ini dicampur dengan minyak zaitun supaya khasiatnya lebih ampuh dalam menghilangkan kerak yang bersarang di kulit kepala.

Selalu konsultasikan dengan ahlinya sebelum mempraktekannya, karena kesesuaian kulit Anda dan yang lainnnya belum tentu sama. Semisal untuk penggunaan jeruk nipis, banyak yang bilang buah yang satu ini memang manjur untuk mengatasi beberapa persoalan kulit. Tetapi ada juga yang menyampaikan bahwa dengan menggunakan buah ini, termasuk untuk menghilangkan kerak pada kulit kepala justru menyebabkan iritasi. Untuk itu, akan lebih bijaksana jika Anda meluangkan waktu sebentar untuk datang ke BA di salon and spa pilihan Anda guna berkonsultasi. (Ayla/Idr)


DMCA.com Protection Status