Olahraga Ringan Untuk Ibu Hamil Dan Manfaatnya

Pada saat hamil adalah saat yang sangat penting, dimana kesehatan sang ibu sangat perlu dijaga. Bukan hanya untuk sang ibu saja melainkan juga demi keselamatan sang bayi. Oleh sebab itu, dalam menjaga kesehatan keduanya baik sang ibu juga sang janin melakukan olahraga sangat penting untuk dilakukan. Selain menjaga asupan makanan, sang ibu juga harus melakukan olahraga ringan untuk ibuĀ  hamil agar tetap memiliki tubuh yang sehat. Olahraga yang dilakukan cukup yang ringan-ringan saja, berikut adalah manfaat olahraga bagi ibu hamil.

Manfaat olahraga ringan untuk ibuĀ  hamil

Berikut ini adalah beberapa manfaat olahraga ringan untuk ibu hamil yang perlu kita ketahui,

  • Membuat tubuh sang ibu menjadi lebih kuat dan segar dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.
  • Membantu mengatasi sembelit dan mengatasi rasa kram ataupun nyeri punggung.
  • Membantu membuat tidur lebih nyenyak.
  • Membantu membentuk tubuh seperti semula setelah melahirkan.
  • Mengurangi stress.
  • Tubuh menjadi kuat dan siap saat melahirkan.

Itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh jika ibu hamil melakukan olahraga ringan untuk ibu hamil. Lalu, apa saja olahraga ringan yang dapat dilakukan oleh ibu hamil? Pasalnya, melakukan olahraga yang berat malah akan membuat sang ibu kelelahan bahkan membawa akibat buruk pada sang janin.

olahraga ringan untuk ibu hamil

Pilihan olahraga ringan untuk ibu hamil

Ini dia olahraga ringan yang dapat dilakukan ibu hamil agar tetap sehat :

Jalan kaki

Olahraga ini memang memiliki banyak manfaat, terutama bagi ibu hamil. Berjalan kaki membantu menjaga kesehatan sang ibu agar tidak mudah sakit. Berjalan kaki memiliki manfaat seperti membuat otot menjadi lebih kuat, menghilangkan stress, menjaga kesehatan jantung dan paru-paru serta melancarkan peredaran darah.

Angkat beban

Untuk olahraga ini memiliki manfaat agar otot-otot semakin kuat agar siap saat melahirkan. Ibu hamil dapat menggunakan alat bantu seperti dumbel sehingga dapat menjaga kelenturan dan kekuatan otot. Olahraga ini juga dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit saat hamil. Selain itu, ibu hamil juga mulai belajar bagaimana mengangkat beban berat setelah sang buah hati lahir.

Yoga

Yoga adalah salah satu olahraga ringan yang banyak dipilih oleh para wanita. Olahraga ini dapat membantu melancarkan peredaran darah, banyak juga yang memanfaatkan agar dapat menurunkan berat badan. Dengan melakukan yoga, ibu akan mulai belajar untuk mengatur pernapasan, melatih fisik dan juga emosional. Selain itu, gerakan kaki yang dilakukan juga membantu mengatasi rasa kram yang sering terjadi saat sedang hamil.

Pilates

Gerakan olahraga ini akan sangat membantu yaitu dapat menekan fleksibilitas, keseimbangan dan juga ketahanan otot. Olahraga ini memang dirancang untuk ibu hamil, gerakan yang ada membantu menguatkan otot pinggul dan juga perut.

Itulah beberapa olahraga yang dapat dilakukan oleh ibu hamil, tidak perlu yang berat-berat karena dapat membahayakan sang ibu ataupun sang janin. Sekian yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

Catatan kami tentang olahraga ringan untuk ibu hamil

Olahraga ringan bagi ibu hamil dapat dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan sang ibu ataupun janin. Lakukanlah sesuai dengan petunjuk dokter pendamping teman-teman semua dan kontrollah agar tidak terlalu capek dan kelelahan.


DMCA.com Protection Status