Pelajari Cara Merawat Wajah Berjerawat Ini Agar Tidak Menimbulkan Flek Hitam

Siapa yang tidak kesal jika timbul jerawat di wajah? Tidak hanya wanita, laki-laki pun rentan terhadap serangan jerawat di wajah. Terkadang kita merasa tidak tahan untuk memencet jerawat tersebut agar cepat sembuh. Cara merawat wajah berjerawat dengan memencet jerawat yang sudah matang di wajah sangat tidak dianjurkan. Dengan cara tersebut hanya akan menimbulkan bekas di wajah yang disebut flek hitam. Untuk menghilangkan flek hitam tersebut sangat sulit yang tidak membutuhkan waktu yang sebentar. Malah jika keadaannya parah membuat flek hitam tersebut tidak bisa dihilangkan dan akhirnya akan menggangu penampilan Anda.

cara merawat wajah berjerawat

(c) shutterstock.com

Perawatan wajah berjerawat

Merawat wajah berjerawat memanglah tidak mudah. Anda harus sabar dan memberikan lebih banyak perhatian agar jerawat-jerawat tersebut bisa hilang dengan sendirinya tanpa harus dipencet. Berikut ini merupakan beberapa perawatan wajah berjerawat yang bisa Anda lakukan agar tidak menimbulkan flek hitam di wajah:

Menggunakan obat jerawat

Yang harus Anda lakukan saat jerawat muncul adalah dengan menggunakan obat jerawat dan mengaplikasikannya pada area wajah yang berjerawat. Jangan tunggu hingga jerawat itu membesar. Gunakanlah obat jerawat saat jerawat mulai muncul yang biasanya ditandai dengan munculnya benjolan / bentolan kecil berwarna merah yang sakit ketika disentuh. Selain itu, komedo yang baru muncul dan susah untuk dikeluarkan juga menjadi salah satu tandanya. Jika hal ini terjadi, segeralah menggunakan obat jerawat. Jika Anda tidak mempunyai obat jerawat atau krim anti jerawat, Anda bisa menggunakan lulur atau masker wajah dari bahan alami.

Jangan menyentuh dan memencet jerawat

Saat jerawat muncul di wajah mungkin Anda merasa penasaran untuk memeriksa jerawat itu dan tanpa disadari Anda menyentuhnya. Hal ini tidak baik untuk dilakukan. Dengan menyentuh jerawat, maka akan memperbesar kemungkinan jerawat untuk semakin membengkak karena terkena kuman dan bakteri yang ada di tangan Anda ketika menyentuhnya. Selain itu, jangan sekali-sekali memencet jerawat karena saat proses pemencetan jerawat dilakukan, bakteri bisa masuk dan itu mengakibatkan adanya bekas atau flek hitam di wajah yang sangat menggangu.

Jangan melakukan facial

Mungkin bagi Anda yang sering melakukan perawatan wajah sudah tidak asing lagi dengan facial. Jika jerawat di wajah Anda belum hilang sepenuhnya, cobalah untuk tidak melakukan facial. Salah satu proses perawatan wajah dengan cara facial adalah memencet jerawat. Padahal memencet jerawat merupakan salah satu penyebab timbulnya flek hitam di wajah. Lakukanlah facial saat wajah Anda sudah terbebas dari jerawat.

Hindari sinar matahari

Jika wajah Anda berjerawat dan mengharuskan Anda untuk keluar rumah, jangan lupa untuk menggunakan paying atau topi agar jerawat di wajah Anda terhindar dari kontak sinar matahari secara langsung. Jerawat yang terkena kontak sinar matahari secara langsung bisa makin parah dan membuatnya meninggalkan bekas yang akhirnya menjadi flek hitam di wajah yang sangat sulit untuk dihilangkan. Gunakanlah krim wajah yang mengandung SPF seperti sunblock sebelum keluar rumah.

Cara merawat wajah berjerawat di atas mungkin merupakan hal sederhana tapi sulit untuk dilakukan setiap hari. Jangan tergoda untuk memencet jerawat Anda agar terhindar dari noda jerawat yang akan Anda sesali sesudahnya. Lakukanlah penyesuaian dan jadikanlah cara-cara di atas menjadi sebuah kebiasaan bagi Anda agar jerawat membandel tidak lagi muncul di wajah Anda. Selain itu, jelilah dalam memilih obat jerawat dan jangan memakai obat jerawat yang tidak jelas asal usulnya!(Ayla/San)


DMCA.com Protection Status