Pelajari Manfaat Masker Alami Untuk Wajah Dari Bahan Kopi

Memiliki wajah yang cerah menjadi dambaan bagi setiap orang. Mungkin Anda sudah sering mendengar tentang masker alami untuk wajah dengan berbahan dasar bengkoang, tomat, jeruk nipis, atau pun mentimun. Tapi, tahukah Anda bahwa kopi juga bisa dijadikan sebagai bahan dasar masker untuk wajah?

masker alami untuk wajah

(c) shutterstock.com

Manfaat masker wajah alami dari bahan kopi

Siapa yang tidak mengenal kopi? Tumbuhan biji-bijian ini sering diolah menjadi minuman yang biasa diminum di pagi hari dan dijadikan sebagai minuman penahan kantuk karena kandungan kafein di dalamnya. Namun di balik semua itu, kopi ternyata bisa dijadikan sebagai masker wajah alami yang digunakan untuk perawatan wajah. Berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat kopi bagi kecantikan wajah dan juga cara penggunaannya:

Sebagai bahan scrub alami

Campuran bahan kopi bubuk dan susu merupakan campuran bahan scrub yang dianggap ampuh untuk memutihkan wajah sekaligus mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di wajah. Caranya cukup mencampurkan kopi bubuk dan susu cair (sebaiknya yang tidak mengandung gula) lalu balurkan ke wajah sambil digosok atau dipijat pelan. Diamkan beberapa menit kemudian bilas hingga bersih.

Melembabkan kulit kering

Kopi juga bisa dijadikan bahan untuk melembabkan kulit kering. Caranya adalah dengan mencampurkan kopi bubuk dengan beberapa tetes minyak zaitun dan dibalurkan ke wajah dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Kemudian bilas menggunakan air dingin hingga bersih dan dilanjutkan dengan penggunaan sabun wajah. Gunakan masker ini setidaknya dua kali seminggu.

Mengangkat sel-sel kulit mati

Selain dicampur dengan susu, mencampur kopi dengan putih telur juga bisa mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. Caranya campurkan kopi dengan putih telur hingga rata, aplikasikan ke wajah dan diamkan selama 15 menit. Bilas hingga bersih hingga air atau bisa dengan menggunakan sabun wajah Anda.

Menghilangkan bekas jerawat

Merasa tidak percaya diri dengan bekas hitam jerawat yang menempel di wajah dan sulit sekali untuk dihilangkan? Kopi bisa menjadi salah satu jawabannya. Caranya dengan mencampurkan kopi bubuk dengan minyak bayi secukupnya. Aduk hingga rata dan balurkan ke wajah sambil dipijat secara perlahan. Diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air atau sabun wajah hingga bersih. Gunakan secara teratur dan bekas hitam jerawat pada wajah pun bisa hilang.

Membersihkan kosmetik dan debu di wajah

Terkadang membersihkan wajah dengan pembersih wajah tidak cukup untuk membuat wajah bersih dan mengangkat debu di wajah. Mungkin Anda bisa menambahkan kopi bubuk ke dalam pembersih wajah yang Anda gunakan dan kemudian menggunakan campuran tersebut untuk membersihkan wajah Anda. Setelah itu, lanjutkan dengan membersihkan wajah menggunakan sabun wajah. Gunakan pembersih ini setiap kali Anda memakai kosmetik atau wajah terkena debu di jalan.

Masih banyak lagi manfaat kopi untuk tubuh. Selain dijadikan masker untuk wajah, kopi juga dapat dijadikan bahan scrub untuk menghaluskan kulit. Menggunakan bahan kopi sebagai masker alami untuk wajah dengan teratur bisa membuat wajah Anda terasa lebih bersih dan bersinar. Kandungan anti oksidan dan kafein di dalamnya bisa berfungsi untuk menghilangkan flek-flek hitam di wajah, menghilangkan mata panda karena kelelahan dan kurang tidur, memutihkan dan melembabkan kulit wajah, mencegah kanker kulit, serta mengurangi potensi terserang kanker kulit karena sering terpapar sinar matahari yang menyengat. Jadi, mengapa Anda tidak mencoba menikmati manfaat dari masker kopi ini?( Ayla/San)


DMCA.com Protection Status