Pelembab Wajah Alami yang Sangat Baik untuk Kita

Kelembaban wajah cukup penting sebagai salah satu syarat wajah yang sehat. Wajah yang kering akan terlihat kusam dan juga mudah untuk berjerawat. Jadi menjaga kelembaban wajah harus dilakukan setiap hari. Sebenarnya ada banyak produk pelembab wajah di pasaran namun kadang itu kurang aman karena mengandung bahan-bahan kimia yang belum tentu cocok bagi kulit wajah kita. Berikut ini beberapa pelembab kulit wajah alami yang bisa digunakan:

pelembab wajah

(c) shutterstock.com

Buttermilk

Buttermilk mengandung asam lactic yang bagus bagi kulit. Dengan bahan buttermilk ini dapat berfungsi untuk pengelupasan kulit, membersihkan sel kulit mati, membuat kulit menjadi lebih segar, muda, dan dapat melembabkan kulit. Cara menggunakannya tidak perlu dengan berendam di bak mandi penuh susu, cukup dengan menggunakan handuk wajah yang dibasahi dengan buttermilk dan membasahi wajah dengan handuk tersebut. Biarkan selama sekitar 5 menit kemudian bersihkan wajah.

Mentega

Mentega yang digunakan adalah shea butter. Shea butter digunakan sebagai pelembab sejak zaman kuno. Ini diproduksi dari kacang yang ada di dalam buah pohon Shea. Pohon ini tumbuh di Afrika. Shea butter kaya akan vitamin A dan berfungsi untuk melembabkan kulit dan menyembuhkan eczema, dermatitis, sunburn, dan gigitan serangga.

Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu pelembab alami yang cukup populer digunakan. Minyak zaitun bisa diaplikasikan di kulit tubuh seperi kaki, tangan, ataupun wajah. Produk minyak zaitun juga banyak dijual dalam kemasan modern sehingga mudah dibeli dan digunakan. Selain penggunaan untuk kulit, minyak zaitun dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol, mengurangi risiko kanker dan melawan beberapa jenis kanker. Studi menunjukkan bahwa minyak zaitun tidak hanya dapat melembabkan kulit tapi dapat menghindari beberapa penyakit kulit. Ini juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka bakar.

Avokad

Minyak yang ditemukan dalam avokad dapat berperan sebagai emollient yang berarti dapat membantu meminyaki bagian kulit. Avokad kaya akan lemak dan vitamin A, D, dan E. kandungan tersebut dapat membantu melembabkan kulit dan mengurangi kerutan. Cara penggunaannya yaitu dengan mengoleskan avokad yang telah dihaluskan pada bagian wajah. Biarkan selama 10 sampai dengan 15 menit kemudian bersihkan.

Madu

Madu selain enak untuk dimakan/diminum juga sangat baik dipakai untuk perawatan kulit. Madu akan membuat kulit tetap lembab dan mengandung bahan antiseptic, antibakteri, dan anti radang yang akan membantu penyembuhan luka. Penggunaan madu sendiri sudah dilakukan sejak zaman dahulu yaitu sekitar 2000 tahun sebelum masehi. Cara penggunaannya yaitu dengan mencampurkan dua sendok makan madu dengan dua sendok makan air kemudian tambahkan 6 sendok makan air lagi. Aplikasikan pada kulit, tunggu 10 menit kemudian bersihkan.(Ayla/San)


DMCA.com Protection Status