Penyebab Penyakit Leukimia Dan Cara Menghindarinya

Leukimia adalah penyakit kanker darah yang dapat menyerang siapa saja terutama orang dewasa. Penyebab penyakit leukimia yang paling utama adalah produksi sel darah putih yang tidak terkendali atau karena leukosit tumbuh mendahului sum-sum tulang. Penyakit leukimia juga disebabkan karena daya tahan tubuh yang rendah.Kelebihan produksi sel pembentuk darah di sum-sum tulangakan menyebabkan sel darah terhambat pertumbuhannya. Jika hal ini terjadi maka akan menyebabkan rusaknya sel-sel yang menghasilkan darah.

penyebab penyakit leukimia

(c) shutterstock.com

Leukimia ini akan membelah diri dan dibawa darah ke seluruh tubuh yang dapat mengakibatkan tumor kecil, gagal ginjal, anemia, dan gagal hati.Faktor lain penyebab penyakit leukimia yaitu dari keturunan. Dibandingkan dengan orang lain, saudara kandung yang memiliki penyakit leukimia memiliki risiko besar terkena leukimia.

Ada beberapa macam penyakit leukimia yaitu:

Leukimialimfoblastik akut

Leukimia jenis ini biasanya menyerang anak-anak.Leukimia jenis ini akan menyebabkan kegagalan pada sum-sum tulang belakang. Seseorang yang terkena leukimia jenis ini akan mengalami pembesaran pada limpa dan hati, dan pembesaran pada noduslimfe. Pengobatan untuk leukimialimfoblastik akut adalah melalui intravena dengan obat-obat sitotoksik.

Leukimiamicolid akut

Gejala pada leukimia jenis ini hampir sama dengan leukimialimfoblastik akut, yaitu terjadi kerusakan atau kegagalan pada sum-sum tulang belakang. Pengobatan untuk leukimiamicolid akut yaitu pada keadaan tertentu dengan transplantasi sel benih hemopoietik, dan kemoterapi intensif atau kombinasi agenssitotoksik yang diberikan pada saat perjalanan siklus atau klinis.Kemoterapi ini dapat mengakibatkan supresi pada sum-sum tulang yang mengakibatkan fungsi normal sum-sum tulang pulih dan penurunan semua jumlah sel darah.

Leukimia selanjutnya diklasifikasikan berdasarkan tipe sel dan jaringan abnormal yang terkait yaitu ada monosit, limfositik, dan mieloid yang termasuk granulosit yaitu ada basofil dan neurofil.

Semua orang tentunya tidak ingin terkena penyakit leukimia, untuk itu sebaiknya kita jaga kesehatan kita dengan melakukan pola hidup yang sehat serta selalu waspada dan menghindari semua penyebab penyakit leukimia. Untuk itu sebaiknya kita mencegah penyakit tersebut terjadi dengan melakukan cara pencegahan sebagai berikut:

  • Hindari sinar matahari secara langsung pada siang hari. Sebaiknya di panas yang terik Anda gunakan payung atau saat akan keluar rumah.
  • Konsumsi makanan organik. Di zaman sekarang banyak sekali sayuran atau buah-buahan yang telah tercemar pestisida dan herbisida. Sebaiknya kita hindari makanan yang telah tercemar tersebut dan mulai lah konsumsi makanan organik atau makanan yang tanpa bahan kimia.
  • Berhentilah merokok dan minum minuman alkohol. Anda seorang perokok sebaiknya hentikan mulai dari sekarang untuk merokok atau pun minum minuman yang mengandung alkohol.
  • Olahraga yang teratur agar badan kita tetap sehat dan menjalankan fungsinya dengan baik. Jangan malas bergerak dan mulai sekarang rajinlah olahraga.
  • Hindari kemoterapi, karena kemoterapi justru akan memperburuk kondisi suatu penyakit.

Selalu memeriksakan diri ke dokter agar dapat mengecek tentang keadaan suatu penyakit yang ada di dalam tubuh.(Ayla/Ven)


DMCA.com Protection Status