Penyebab Penyakit Rematik Dan Cara Mengatasinya

Rematik adalah suatu penyakit yang menyerang otot dan persendian serta jaringan tubuh.Keadaan yang terjadi pada rematik yaitu rasa kaku dan nyeri pada alat gerak dan sendi.Keluhan lainnya otot lemah, gangguan pada otak, dan, sendi bengkak.Penyakit rematik biasanya terjadi pada leher, pinggang, dan bahu.Penyakit rematik biasanya terjadi pada seseorang dengan usia di atas 60 tahun. Mengangkat beban yang terlalu berlebihan juga menjadi salah satu penyebab penyakit rematik .

Penyebab Penyakit Rematik Dan Cara Mengatasinya

Seseorang yang berbadan gemuk juga akan meningkatkan risiko terkena penyakit rematik, karena tulang serta otot harus menahan berat badan yang berlebih.Penyakit rematik disebabkan pula oleh kadar asam urat yang tinggi. Asam urat ini disebabkan oleh penumpukan kristal natrium urat atau limbah alami di dalam tubuh. Asam urat juga terjadi karena pemecahan purin di dalam tubuh.Perlu Anda ketahui bahwa purin adalah suatu zat alami yang bisa ditemukan pada tubuh dan juga makanan.

Bila Anda konsumsi makanan yang banyak mengandung purin maka akan meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Makanan yang mengandung purin dapat Anda temukan pada jeroan, daging sapi dan kambing, ikan tuna, udang dan kepiting, daging bebek, daging merah, ikan sarden, makarel, makanan yang mengandung ragi seperti tapai dan roti, kemudian makanan yang banyak mengandung gula serta makanan yang manis lainnya.

Penyebab penyakit rematik akut yaitu deposit kristal monosodium urat yang terjadi karena supersaturasi cairan ekstra seluler, dan mengakibatkan satu atau beberapa menifestasi klinik. Rematik ini akan terasa panas dan penderita susah berjalan, rasa nyerinya biasanya timbul menjelang pagi hari. Penyakit rematik memang membuat seseorang yang menderita menjadi sengsara, karena nyeri pada rematik bisa terjadi secara mendadak.Penyakit rematik bisa datang kapan saja terutama untuk seseorang yang telah berusia 60 tahun ke atas.Untuk itu dari sekarang sebaiknya kita perlu menjaga kesehatan serta pola hidup yang sehat dan menghindari semua penyebab penyakit rematik.

Makanlah makanan yang seimbang, kurangi makan makanan yang banyak mengandung purin seperti daging sapi dan daging kambing.Boleh makan asalkan jangan berlebihan, makanlah sedikit saja.Perbanyak konsumsi sayuran serta buah-buahan untuk memberikan nutrisi pada tubuh, sayuran serta buah-buahan mengandung vitamin yang sangat baik untuk kesehatan tulang.Perbanyak juga konsumsi kalsium yang bisa didapat dari susu, keju, yogurt, dan olahan susu lainnya. Kalsium sangat baik untuk memperkuat tulang serta dapat mencegah terjadinya penyakit osteoporosis.

Olahraga yang teratur juga akan melatih kekuatan otot, tulang serta sendi agar terhindar dari asam urat. Sebaiknya beberapa bulan sekali periksakan tulang serta persendian Anda ke dokter, agar dapat mengetahui kadar asam urat yang ada pada tubuh. Dengan begitu kita akan terhindar dari rasa kaku dan nyeri karena asam urat.

Demikian adalah beberapa penyebab penyakit rematik dan juga cara mengatasinya. Semoga bermanfaat dan menginspirasi hidup sehat anda. (Ayla/Ven)


DMCA.com Protection Status