Penyebab Radang Otak Atau Meningitis Dan Pencegahannya

Radang otak atau radang selaput otak biasa disebut dengan meningitis, penyakit ini dapat menyebabkan kelumpuhan, tuna ganda, dan gangguan serius lainnya seperti gangguan mental. Penyakit ini akan menyebabkan kematian apabila tidak segera ditangani. Penyebab radang otak yaitu jamur, dan virus, atau bakteri. Penyakit ini mudah menular melalui ingus atau cairan ludah ketika tertawa, bersin, bicara, ciuman, batuk, merokok bergantian, dan pemakaian sikat gigi yang sama.

Penyebab Radang Otak Atau Meningitis Dan Pencegahannya

(c) shutterstock.com

Radang otak juga dapat menular melalui pemakaian alat makan yang sama dengan penderita radang selaput otak. Perlu Anda ketahui bahwa penderita meningitis dapat menularkan virus atau bakteri kepada orang lain setelah diberi antibiotik dalam waktu 24 jam.Gejala yang timbul akibat dari radang selaput otak adalah lemah dan lesu, demam yang disertai kaku pada leher, menggigil atau kedinginan, kulit berwarna kuning, kaku duduk, kejang, sering sakit kepala, mual dan muntah yang disertai dengan sakit kepala, infeksi saluran pernapasan bagian atas, tidak nafsu makan, terjadi gangguan pendengaran dan penglihatan, takut pada lampu yang terang, dan kesadaran menurun.

Penyakit radang otak juga diartikan sebagai penyakit yang menyerang selaput otak, sehingga selaput otak tersebut mengalami peradangan yang disebut dengan meningen yang mengelilingi sum-sum tulang belakang dan juga otak. Penyebab radang otak adalah oleh bakteri yangakan lebih berbahaya dibandingkan dengan radang otak yang disebabkan oleh virus. Bakteri ini biasa disebut dengan pneumokokus.Bakteri ini bisa hidup di tenggorokan 10 % orang sehat.

Penyebab lain dari radang otak adalah pola hidup yang tidak sehat, seperti kurang istirahat atau tidak istirahat setelah melakukan berbagai aktivitas. Selain itu juga disebabkan oleh faktor genetik, radiasi yaitu paparan radiasi gelombang yang dapat memicu perkembangan sel kanker, dan penggunaan bahan karsinogenik seperti bahan kimia dan pemakaian minyak goreng yang berulang-ulang.

Cara pencegahan penyakit radang otak yaitu salah satunya dengan cuci tangan sebelum makan, hal ini dilakukan untuk membunuh kuman dan bakteri yang ada di tangan. Pencegahan yang lain yaitu dengan imunisasi HiB ataupneumokokus, hindari berbagi makanan dengan penderita radang otak, dan hindari juga kontak langsung dengan seseorang yang sedang sakit.

Menjaga stamina tubuh juga perlu dilakukan yaitu dengan konsumsi makanan yang bergizi serta olahraga secara teratur.Makan makanan yang bergizi seperti menjaga asupan nutrisi yang masuk ke tubuh mulai dari karbohidrat, protein, mineral, kalsium, dan vitamin.

Selain itu olahraga juga dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga kekebalan tubuh akan meningkat. Kekebalan tubuh yang baik dapat melawan berbagai serangan penyakit yang dapat masuk ke tubuh melalui perantara apa saja. Dengan selalu waspada dan menjalankan pola hidup yang sehat semoga kita akan terhindar dari radang otak.

Demikian adalah beberapa penyebab radang otak dan caramengatasinya. Semoga bermanfaat dan juga membantu menghidarkan anda dari penyakit berbahaya dan mematikan ini. (Ayla/Ven)


DMCA.com Protection Status