Penyebab Rambut Rontok Parah Yang Harus Anda Tahu

Rambut rontok memang menjadi masalah tersendiri bagi sebagian orang. Meskipun semua orang pasti pernah mengalami rambut rontok, namun rambut rontok masih dianggap normal bila jumlahnya masih sedikit atau kurang dari 100 helai per harinya. Rambut rontok yang parah dapat mempengaruhi rasa percaya diri penderitanya, karena beresiko mengalami kebotakan.

penyebab rambut rontok

(c) shutterstock.com

Banyak sekali penyebab kerontokan yang parah. Lantas apa saja sebenarnya penyebab rambut rontok parah? Berikut ini beberapa diantaranya :

Kurang Nutrisi

Beberapa nutrisi yang sangat berpengaruh untuk kesehatan dan kekuatan rambut adalah vitamin B6 dan B12, zat besi, dan zat tembaga. Semua nutrisi tersebut diperlukan untuk memasok oksigen ke batang rambut, sehingga rambut lebih kuat. Akan tetapi, kelebihan vitamin A juga menjadi salah satu penyebabnya.

Genetika atau Keturunan

Penyebab rambut rontok parah berikutnya karena faktor keturunan. Orang yang memiliki keluhan rambut rontok yang diturunkan dari orang tua mereka, lebih sulit untuk diobati dengan bahan dari luar tubuh. Mereka lebih berpotensi mengalami rambut rontok yang parah dan berpotensi kebotakan. Bila anda mengalami hal ini, alangkah baiknya berkonsultasi pada dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Stress

Saat seseorang mengalami stress berat, ia akan merasa tertekan. Sehingga memicu gangguan kesehatan lain, termasuk sakit kepala, rambut kering dan rapuh. Akar rambut orang yang mengalami stress juga melemah, sehingga kerontokan parah menjadi tidak terhindarkan. Sebaiknya luangkanlah waktu anda untuk menyegarkan pikiran, jangan terlalu fokus pada bekerja saja. Saat anda dirundung stress, langkah terbaik yang bisa dilakukan yaitu dengan bercengkrama bersama keluarga atau teman bisa. Selai itu, pergi jalan-jalan dan menonton film kesukaan juga bisa jadi salah satu alternatif untuk menghilangkan stress.

Penyakit

Beberapa penyakit tertentu seperti diabetes lupus dan kanker otak disinyalir menjadi penyebab rambut rontok parah yang anda alami. Bila ini terjadi, maka berkonsultasilah dengan dokter agar penyakit utama yang memicu kerontokan dapat segera diobati.

Obat-obatan

Sebagian obat-obatan memang memiliki efek samping yaitu menyebabkan rambut rontok. Beberapa jenis obat tersebut adalah obat kemoterapi, obat yang mengandung vitamin A berlebih, pengencer darah, obat asam urat, dan obat anti depresan.

Kehamilan

Banyak dijumpai kerontokan yang parah pada wanita hamil hingga 3 bulan setelah melahirkan. Hal ini terjadi secara alami, dan normalnya akan sembuh atau tetap rontok, tetapi dalam jumlah sedikit pada bulan-bulan berikutnya.

Gangguan Hormon

Beberapa gangguan hormon seperti estrogen dan androgen juga menjadi penyebab rambut rontok parah, terutama pada wanita. Kerontokan terjadi saat kelenjar tiroid tidak aktif, atau bekerja terlalu aktif. Pada pria, gangguan hormone testosterone juga mempengaruhi masalah kerontokan yang parah.

Berganti Gaya Rambut

Dewasa ini mengubah-ubah gaya rambut telah menjadi tren. Namun tahukah anda, bahwa rambut dapat rusak dan rapuh dikarenakan karena alat-alat pengering rambut, pengeriting rambut, dan catokan. Bahan kimia yang terkandung dalam cat rambut juga berpengaruh dalam kekuatan dan kesehatan rambut. Karenanya, sebaiknya kurangilah penggunaan bahan kimia pada rambut dan alat-alat piƱata rambut tadi.

Terlalu Banyak atau Jarang Keramas

Terlalu banyak keramas bisa menghilangkan minyak alami rambut, sehingga rambut kering dan mudah patah. Sedangkan jika jarang keramas otomatis rambut dan kulit kepala menjadi kotor. Tempat yang lembab dan kotor sangat baik untuk pertumbuhan jamur ketombe yang bisa mengakibatkan kerontokan.

Demikian adalah beberapa penyebab rambut rontok parah yang perlu anda hindari. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan menginspirasi penampilan cantik anda.


DMCA.com Protection Status