Perawatan Rambut Sehari-Hari yang Perlu Kita Ketahui

Rambut merupakan mahkota bagi perempuan, walaupun laki-laki juga perlu merawat rambut mereka. Rambut yang sehat dan indah akan menunjang penampilan. Tak hanya itu, wanita berhijab juga perlu merawat rambut mereka walaupun itu tidak untuk diperlihatkan pada khalayak ramai. Memiliki rambut yang sehat akan membuat kita nyaman dan tidak akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Ada beberapa perawatan rambut yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan rambut yang indah dan sehat, ini dia cara-caranya :

perawatan rambut

(c) shutterstock.com

Mencuci rambut secara rutin namun tidak terlalu sering

Mencuci rambut dilakukan untuk membersihkan rambut dan kulit kepala dari kotoran dan minyak yang menempel. Pilihlah sampo yang cocok dengan masalah rambut yang dihadapi misalnya rambut rontok dan berketombe. Saat mencuci rambut maka sebaiknya membahasi rambut secara menyeluruh sebelum mengaplikasikan sampo. Jangan terlalu banyak menggunakan sampo dan letakkan sampo di telapak tangan terlebih dahulu. Setelah mengaplikasikan sampo pada rambut dna kulit kepala, bersihkan rambut dengan air bersih.

Mengeringkan rambut dengan benar

Keringkan dahulu rambut dengan menggunakan handuk bersih sebelum menggunakan pengering rambut. Ini akan mempersingkat waktu dan menghindari kerusakan rambut karena terlalu sering terpapar panas. Jika tidak perlu sebaiknya tidak menggunakan pengering rambut. biarkan rambut kering secara natural.

Menyisir rambut

Menyisir rambut diperlukan untuk membuat rambut tampak lebih rapi, mudah diatur, sekaligus dapat membersihkan kotoran yang ada di rambut. Hindari menyisir rambut yang basah karena rentan dapat merontokkan atau membuat rambut terputus. Sisirlah dengan lembut dan jangan terlalu keras. Jangan terlalu sering menyisir rambut karena dapat merusak rambut. Jadi sisirlah seperlunya jika memang dibutuhkan.

Makanan sehat

Rambut yang kering dan mudah rontok menandakan bahwa orang tersebut juga kekurangan makanan sehat. Jadi cukupi asupan gizi tubuh dengan memakan makanan sehat dan banyak minum air putih. Makanan yang sehat tidak hanya mencakup buah dan sayuran, kebutuhan karbohidrat dan protein hewani juga perlu dicukupi. Makanan yang dapat memperkuat rambut adalah makanan yang memiliki kandungan vitamin C. Sedangkan kandungan besi akan membantu melancarkan oksigen dalam pembuluh darah. Kandungan zinc dapat menumbuhkan dan memperbaiki lapisan rambur, serta asam lemak omega-3 menumbuhkan rambut dengan lebih sehat.

Pelembab rambut

Gunakan minyak alami untuk melembabkan rambut. Minyak alami yang bisa digunakan antara lain minyak almond, minyak castor, minyak zaitun, minyak kelapa, dan minyak lavender. Kelima minyak tersebut bisa dicampurkan dengan porsi yang sama besar. Alternatifnya gunakan minyak telur. Aplikasikan minyak tersebut pada rambut dan biarkan selama beberapa jam sebelum dicuci bersih. Ulangi dua kali dalam seminggu.(Ayla/San)


DMCA.com Protection Status