Perawatan Wajah Berjerawat Setiap Hari Agar Cepat Sembuh

Setiap pria mau pun wanita mengingkan wajah yang mulus tanpa jerawat. Merawat wajah yang berjerawat bukanlah hal yang mudah. Butuh kesabaran dan ketelatenan agar jerawat-jerawat itu bisa hilang dari wajah. Salah menggunakan obat wajah, bisa-bisa jerawat di wajah makin menjadi yang membuat wajah semakin parah. Perawatan wajah berjerawat memerlukan perhatian ekstra agar bisa cepat sembuh. Bahkan wajah yang berjerawat membutuhkan perawatan yang berkelanjutan setiap harinya.

perawatan wajah berjerawat

(c) shutterstock.com

Cara merawat wajah berjerawat secara alami

Berikut ini adalah beberapa cara merawat wajah berjerawat yang bisa dilakukan setiap harinya agar jerawat di wajah bisa cepat hilang dan sembuh.

Rajin mencuci wajah

Wajah yang kotor terkadang bisa membuat jerawat muncul Tidak hanya jerawat, tetapi juga komedo. Cucilah wajah Anda paling tidak dua kali dalam sehari agar wajah bisa tetap bersih. Dengan mencuci wajah, wajah bisa terbebas dari minyak, debu, dan kotoran sehingga membuat wajah terhindar dari jerawat. Ada banyak macam pilihan sabun untuk wajah, Pilihlah sabun yang dibuat khusus untuk wajah berjerawat. Biasanya sabun khusus jerawat tidak memiliki butiran scrub dan memiliki tekstur yang halus sehingga dapat melembabkan wajah.

Memakai kosmetik yang sesuai dengan tipe kulit

Cermatlah dalam memilih kosmetik yang akan Anda gunakan. Murah atau mahal belum menjadi kualitasnya. Yang lebih penting adalah apalah kosmetik tersebut cocok dengan tipe kulit Anda atau tidak. Hentikan pemakaian kosmetik yang tidak sesuai dengan tipe kulit Anda. Hal ini biasa ditandai dengan munculnya jerawat atau gatal-gatal di daerah yang diaplikasikan kosmetik tersebut.

Gunakan handuk yang bersih dan halus untuk wajah

Keringkanlah wajah Anda setelah membasuhnya dengan cara menepuk wajah menggunakan handuk yang bersih dan halus. Rajinlah mengganti handuk Anda. Handuk yang kotor bisa membawa bakteri dan kuman yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Memakai pelembab

Gunakanlah pelembab agar wajah selalu lembab dan terhindar dari pecah-pecah dan kering. Carilah pelembab yang berbahan dasar air atau mineral. Jangan menggunakan pelembab berbahan dasar minyak karena hanya akan memproduksi minyak di wajah lebih banyak dan menyebabkan jerawat akan susah dibasmi.

Membersihkan wajah sebelum tidur

Jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah sebelum tidur. Karena saat tidur, tubuh akan melepaskan dan mengganti sel-sel kulit yang mati. Oleh karena itu, membersihkan wajah sebelum tidur sangat perlu dilakukan apalagi jika Anda bepergian seharian dan wajah Anda kotor terkena debu jalanan. Lakukan hal ini agar wajah terhindar dari jerawat.

Perbanyak minum air putih

Minum air putih sebanyak 8 gelas bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena terlepas dari dehidrasi, tetapi juga menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit lebih tahan terhadap serangan jerawat yang timbul.

Konsumsi buah dan sayuran

Perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayuran karena zat dan vitamin yang terkandung dalam buah dan sayuran dapat memberikan manfaat yang sangat baik bagi kulit dan membantu wajah terbebas dari jerawat.

Itulah beberapa cara perawatan wajah berjerawat yang harus dilakukan sehari-hari. Jangan lupa untuk tidur yang cukup atau setidaknya 8 jam sehari. Karena ternyata kegiatan begadang di malam bisa memicu timbulnya jerawat karena kulit yang kurang istirahat dan kelelahan. Lakukanlah perawatan ini secara rutin. Tidak hanya berhenti hingga jerawat di wajah hilang, tetapi tetaplah lakukan perawatan di atas untuk mencegah munculnya jerawat yang tidak diinginkan.(Ayla/San)


DMCA.com Protection Status