Perawatan Wajah Kusam agar Kembali Bersinar

Ada trik khusus perawatan wajah kusam agar bisa kembali bersinar. Ya, umumnya penyebab wajah kusam karena pengaruh udara sekitar. Polusi, asap dan udara yang tak sehat menyebabkan kulit kita terlihat kusam. Penyebab lainnya bisa karena gaya hidup kita yang tak sehat. Seperti suka makanan yang tak bergizi, tidur tak teratur dan jarang olahraga. Bisa juga karena salah memilih produk kosmetik. Atau karena kurang minum air putih. Semua itu bisa menjadi penyebab mengapa kulit kita tampak kusam dan tak bercahaya.

perawatan wajah kusam

(c) shutterstock.com

Secara teknis, kusamnya wajah kita akibat penumpukan sel-sel kulit mati, Saat kita berusia sekitar 20-an tahun, sel-sel kulit akan berganti tiap 28 hari. Makin tua umur kita, pergantian sel kulit pun makin lama. Pada usia 30-an sampai 40-an tahun, sel kulit bisa berganti tiap 40 hari. Nah, penumpukan sel kulit mati ini yang membuat wajah kita kehilangan cahayanya. Punya wajah kusam dan hitam tentu saja membuat kita malu. Kita pun menjadi tak percaya diri. Mau kemana-mana kita jadi tak merasa nyaman. Kita akan melirik kesana-kemari sebelum melangkah agar tak berpapasan dengan orang yang kita kenal. Suasana semacam ini jelas sangat tidak mengenakkan.

Untuk itu, kita perlu solusi wajah kusam dan hitam. Intinya, jika ingin wajah kita tampak bersinar adalah dengan menyingkirkan sel-sel kulit mati yang menumpuk di wajah. Kita bisa gunakan produk penyingkir sel-sel kulit mati. Atau jika ingin yang alami, pakailah jeruk nipis. Kandungan dari jeruk nipis mampu membersihkan sel-sel kulit wajah yang mati sekaligus memutihkan wajah. Bagi yang bertipe kulit berminyak, perlu lebih seksama lagi dalam merawat kulit. Sebab sel-sel kulit mati biasanya berada lebih dalam dibanding jenis kulit normal, sehingga menjadi lebih sulit untuk membersihkannya.

Begitulah inti cara merawat wajah kusam. Dengan menyingkirkan sel kulit mati, maka wajah pun akan bersinar lagi. Di samping itu, untuk perawatan kulit dari dalam tubuh, kita wajib penuhi kebutuhan vitamin C. Vitamin tersebut akan menghilangkan bintik-bintik di wajah akibat sengatan sinar matahari sekaligus mencerahkan kulit. Hindari juga kafein dan minuman keras yang dapat memperburuk kualitas kulit. Begitu juga dengan makanan manis, sebaiknya dihindari karena justru mendorong penumpukan sel-sel kulit mati. Sebaiknya kita biasakan minum banyak air dan makan sayuran. Ini akan membuat kulit kita sehat dan bercahaya.

Catatan tentang cara merawat wajah kusam

Perawatan wajah kusam dan berminyak secara alami jauh lebih banyak direkomendasikan jika dibandingkan dengan penggunaan produk kosmetik yang tidak mengandung bahan alami. Salah satu penyebabnya adalah karena perawatan wajah ini adalah sebuah proses jangka panjang yang dilakukan terus menerus dan rutin. Bisa sobat Ayla bayangkan sendiri bagaimana kulit kita menerima bahan-bahan yang non alami jika itu terjadi setiap hari dan berkelanjutan. Untuk itu kami selalu menyerukan agar teman-teman semua peduli dengan kesehatan kulit masing-masing dengan selalu memprioritaskan bahan-bahan alami untuk merawatnya.(Ayla/Idr)


DMCA.com Protection Status