Perbedaan cara merawat wajah dengan kulit normal dan sensitif

Pada artikel sebelumnya kami sudah membahas tentang cara merawat kulit berminyak dan juga kering. Jika sobat Ayla belum membacanya, maka nanti setelah membaca artikel ini teman-teman bisa luangkan waktu sebentar untuk membacanya. Dan sekarang saatnya kita menyajikan rangkuman kami tentang perawatan wajah bagi yang mempunyai kulit sensitif dan  normal.

cara merawat wajah sensitif

(c) shutterstock.com

Cara merawat wajah sensitif

Kulit yang sensitif mempunyai reaksi yang sangat cepat terhadap pemakaian produk kosmetik tertentu, penggunaan bahan-bahan kimia, kondisi cuaca yang terik dan panas, dan juga perubahan lingkungan yang ekstreem. Jangan sembarangan dalam merawat jenis kulit sensitif ini. Seperti sudah banyak diketahui bahwa banyak sekali produk perawatan kulit wajah yang tidak jelas asal-usulnya bisa menimbulkan berbagai dampak negatif untuk yang memiliki kulit sensitif. Efek yang ditimbulkan biasanya adalah kulit wajah menjadi terlihat kemerah-merahan, muncul jerawat yang meradang, bahkan dalam kondisi tertentu sampai mengalami iritasi (Jika kondisi ini sudah terjadi, kami sangat menyarankan pengobatan dengan Minyak Argan ASLI silahkan hubungi Ibu Lilis di SMS/WA 085799205135 PIN BB 2B46EB55 untuk mendapatkannya).

Bagi yang belum mengalami kondisi diatas, untuk merawat kulit sensitif, sobat Ayla bisa menggunakan tips berikut ini :

  • Jangan pernah memakai produk pembersih wajah yang memiliki kandungan zat eksfoliasi. Jika kulit teman-teman sensitif tapi berminyak, maka gunakanlah pembersih wajah yang mengandung salicylic acid guna membantu membuka sumbatan pada pori wajah.
  • Ada baiknya pilih produk kecantikan wajah yang mengandung bahan herba alami natural, seperti halnya chamomile dan juga aloe veradimana bahan ini mempunyai fungsi sebagai anti-iritasi.
  • Hindarilah memakai produk penyegar wajah yang mengandung alkohol. Hal ini dikarenakan sangat reaktif untuk jenis kulit yang sensitif. Sebaiknya sobat Ayla memilih produk penyegar wajah yang didalamnya mengandung bahan alami seperti witch hazel atau lavender.
  • Gunakan tabir surya tertentu yang didalamnya mengandung titanium diokside atau zinc. Pertimbangannya adalah karena bahan-bahan tadi bisa membantu dalam mencegah iritasi pada bagian kulit wajah yang dimungkinkan timbul akibat terkena paparan sinar matahari.
  • Selalu bersihkan sisa make up dengan menggunakan produk pembersih wajah yang lembut dan tidak ada kandungan sabun (biasanya pada kemasan tertulis soap free) dan juga pilih yang lembut (mild).
  • Bila kulit wajah sedang mengalami iritasi, maka saat nanti membersihkan wajah jangan lupa gunakanlah air dan juga make up remover wipes yang berbentuk tissue. Hindari penggunaan waslap karena dikhawatirkan akan memperburuk keadaan karena terlalu keras. Ada baiknya gunakan air bersuhu normal saja, karena air hangat atau dingin dapat mengiritasi kulit secara cepat.

Perawatan untuk kulit wajah normal

Jenis kulit normal ini punya tanda-tanda yang cukup kelihatan, yaitu tekstur warna yang rata, lentur dan kenyal, serta relatif lembut. Pori-pori kulit tampak halus dan pastinya tidak berminyak. Cara sederhana yang dapat dilakukan guna merawat kulit yang normal ini adalah :

  • Cuci wajah dengan menggunakan sabun bayi atau sabun yang mengandung .
  • Lakukan toning secara berkala dengan memakai air mawar.
  • Gunakan pelembab yang ringan saja di malam hari.
  • Pilih pelembab yang berbasis minyak juga disarankan.
  • Gunakan masker untuk wajah yang lembut serta tidak menyebabkan kulit kering.(baca juga : cara membuat masker wajah)

Nah, itu tadi pembahasan kita tentang cara merawat wajah bagi kalian yang memiliki kulit normal dan sensitif yang kami rangkum dari berbagai sumber (baca juga : cara merawat wajah secara alami). Jika ada yang tidak jelas, silahkan dikonsultasikan dengan BA di salon & spa langganan sobat. Semoga bermanfaat dan silahkan di share ke FB kalian.(Ayla/Alw)


DMCA.com Protection Status