Pilihan Cara Merawat Kulit Wajah Secara Alami yang Banyak Dilakukan

Setiap orang pasti memiliki jenis kulit wajah yang berbeda. Ada yang memiliki jenis kulit kering, berminyak, normal, kombinasi, atau pun sensitif. Perawatan yang dilakukan pun berbeda-beda untuk setiap jenis kulit wajah. Begitu pula dengan kandungan bahan perawatan yang digunakan. Bukan hanya kulit kering, berminyak, atau kulit dengan masalah lain saja yang perlu dirawat. Kulit wajah yang normal pun butuh perawatan agar tidak muncul masalah yang bisa membahayakan kesehatan kulit. Cara merawat kulit wajah secara alami dapat dilakukan jika Anda tidak sempat pergi ke klinik kecantikan untuk melakukan perawatan wajah.

cara merawat kulit wajah secara alami

(c) shutterstock.com

Sekarang ini beragam macam perawatan kulit wajah yang ditawarkan. Mulai dari hasil yang instan hingga harga yang murah. Tapi hal tersebut tidak menjamin kesehatan wajah Anda terjaga walau pun hasil yang didapatkan bisa datang secara cepat. Tidak jarang kaum wanita memilih cara alami merawat kulit wajah dengan menggunakan bahan-bahan tradisional alami agar terhindar dari berbagai resiko yang mungkin ditimbulkan akibat penggunaan bahan kimia yang terlalu berlebihan pada wajah. Berikut ini adalah beberapa cara merawat kulit wajah tanpa bahan kimia yang bisa Anda lakukan setiap hari:

Membersihkan wajah secara teratur

Apakah Anda jarang membersihkan wajah? Atau Anda sudah rajin membersihkan wajah tetapi tetap mengalami masalah kulit wajah? Mungkin cara yang Anda lakukan dalam membersihkan wajah salah. Jika Anda memakai make up atau bedak, maka sebelum mencuci wajah ada baiknya jika Anda membersihkan make up atau bedak yang menempel di wajah menggunakan cairan pembersih wajah terlebih dahulu lalu mencuci wajah menggunakan sabun untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran yang menempel di wajah. Bersihkan wajah secara teratur agar tidak terjadi penumpukan kotoran yang bisa menimbulkan jerawat atau komedo pada wajah.

Menjaga pola makan

Hentikan kebiasaan memakan makanan yang penuh lemak dan berminyak. Jika Anda tidak bisa menghentikannya, setidaknya cobalah untuk menguranginya. Perbanyak memakan buah dan sayur bisa memberikan asupan nutrisi yang cukup untuk tubuh dan kulit. Seperti jeruk yang kaya akan vitamin C yang bisa membantu mengecilkan pori-pori dan mencerahkan wajah, apel yang dapat mengurangi minyak berlebih di wajah, atau pisang yang dapat membantu proses peremajaan kulit sehingga kulit tetap kencang dan kenyal.

Minum air putih yang cukup

Kekurangan air dapat membuat kulit kering sehingga bisa membuatnya terlihat kusam dan tampak tidak cerah. Minumlah sedikitnya delapan gelas air putih sehari untuk memenuhi asupan air pada kulit sehingga kulit wajah bisa tetap lembab.

Menggunakan masker wajah alami

Gunakan masker wajah yang mengandung bahan alami. Jika Anda tidak sempat membeli masker wajah, Anda bisa membuatnya sendiri dari bahan-bahan yang ada, seperti putih telur, madu, pisang, pepaya, apel, mentimun, tomat, atau pun yang lainnya. Masker wajah ini merupakan salah satu tambahan perawatan kulit wajah yang dapat memberikan hasil lebih maksimal. Penggunaan bahan alami di dalamnya membuat kulit wajah terhindar dari resiko iritasi atau pun resiko lainnya yang berbahaya bagi kesehatan kulit wajah Anda.

Itulah beberapa cara merawat kulit wajah secara alami. Jangan lupa untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Tidurlah setidaknya delapan jam sehari agar kulit wajah juga dapat beristirahat sehingga kulit wajah bisa tetap segar dan tidak kusam. Olahraga teratur yang membuat Anda berkeringat juga bisa membuat kulit menjadi cerah karena dapat mengeluarkan racun-racun yang memperlambat metabolisme tubuh.(Ayla/San)


DMCA.com Protection Status