Pola Makan Sehat untuk Menurunkan Berat Badan Tanpa ada Pantangan Makanan

Jika teman-teman ingin melakukan diet sehat, penting untuk menjalankan pola makan sehat. Selain bahan yang dikonsumsi haruslah sehat, pola makan yang sehat sebenarnya tidak mewajibkan adanya pantangan makanan tertentu. Kenapa demikian? Seperti dilansir laman helpguide.org , hal ini karena ketika kita tidak boleh untuk makan suatu makanan, justru keinginan untuk memakannya akan lebih besar. Dan ketika kita tak mampu menahan godaan untuk makan makanan tersebut, justru akan membuat kita merasa gagal menjalankan diet.

pola makan sehat

(c) shutterstock.com

Oleh karenanya dalam pola makan sehat tak ada pantangan makanan. Yang ada hanyalah mengurangi makanan tersebut. Misalkan saja teman-teman sebaiknya tidak makan es krim. Nah daripada melarang sama sekali makan es krim, lebih baik batasi konsumsinya. Misalkan selama ini teman-teman suka makan es krim setiap hari. Sebaiknya batasi makan es krim menjadi seminggu sekali. Itulah tips pola makan sehat yang benar. Tidak perlu ada pantangan makanan, yang penting kita tahu kapan harus makan dan kapan tidak perlu memakannya. Pengendalian diri menjadi faktor penting agar penurunan berat badan bisa berhasil.

Dalam pola makan sehat juga diajarkan agar kita pandai mengkombinasikan makanan dengan unsur makanan diet sehat. Ambil contoh misalkan kita suka es krim. Kurangi porsi es krim dan tambahkan dengan buah. Dengan begitu, kita tetap bisa mencicipi makanan favorit kita tanpa perlu mengalami peningkatan kalori berlebih. Tentu penting juga bagi kita untuk menjadwalkan kapan kita boleh makan makanan favorit tersebut. Misalkan saja cukup seminggu sekali untuk makan es krim. Itu akan berdampak besar pada penurunan berat badan tubuh kita.

Dalam pola makan sehat itu juga direkomendasikan agar kita membuat sendiri makanan favorit kita. Sehingga dengan demikian kita tetap bisa menikmati makanan kesukaan, namun yang mengandung rendah lemak, gula dan kalori. Misalkan untuk mengurangi gula, kita bisa beri kayu manis. Dengan demikian, kita tetap bisa menikmati makanan favorit tanpa perlu khawatir berat badan akan bertambah. Itulah caranya jika teman-teman ingin melakukan pola makan sehat tanpa harus ada pantangan makanan. Mudah kan? Nah sekarang mari kita praktekkan dalam pola makan kita sehari-hari.(Ayla/Idr)


DMCA.com Protection Status