Posisi Tidur Ibu Hamil Muda

Informasi tentang posisi tidur ibu hamil muda ini sebetulnya sudah sangat banyak sekali di internet. Tetapi karena sebagaian besar pengunjung blog sederhana kami ini juga banyak calon-calon ibu muda cieeee maka tidak ada salahnya dong, kami juga sedikit berbagi pengetahuan dan pengalman kami disini seputar posisi tisur saat hamil ini.

Sebelumnya kami sudah menuliskan artikel tentang penjagaan awal kehamilan dan juga topik menarik lainnya yang banyak dicari saat ini yaitu tentang ciri kehamilan minggu pertama. Teman-teman sudah bacakan ? kalau belum nanti dibaca ya sehabis dari artikel ini hehehe.

Tentang posisi tidur ibu hamil muda

Bagaimana sebaiknya posisi tidur ibu hamil muda ini, apakah harus dengan posisi tertentu atau bebas. Menurut beberapa sumber dikatakan bahwa, saat teman-teman memasuki masa kehamilan tri semester pertama, sebetulnya teman-teman boleh tidur dengan posisi apa saja, selama itu membuat kita nyaman dalam beristirahat dan bisa tidur nyenyak.

Rasa kuatir pastinya akan muncul manakala kehamilan kita memasuki trimester kedua, dimana pada saat ini sudah mulai ada perubahan pada perut kita. Tetapi apakah kita harus benar-benar kuatir dengan posisi tidur ibu hamil muda dimasa ini.

posisi tidur ibu hamil muda

Perlu sama-sama kita ketahui bahwa tubuh kita ini diciptakan sangat unique oleh karenanya bisa memberikan proteksi atau perlindungan. Dan seperti yang telah banyak diulas diberbagai buku dan artikel lain bahwa janin didalam kandungan kita akan selalu merasa nyaman, karena berada dalam cairan ketuban dan mengapung sehingga mempunyai cukup ruang untuk berkembang dan bergerak.

Akan tetapi memang lebih baik jika kita semua tetap memperhatikan hal ini, dan mencoba mempertimbangkan berbagai posisi tidur ibu hamil muda dibawah ini perhatikan baik-baik mana yang aman dan mana yang tidak aman. Dan pilihlah yang cukup aman dan pastinya harus nyaman agar istirahat kita bisa baik.

Oh iya sebelum lupa, akan lebih baik nanti setelah membaca artikel ini, teman-teman konsultasi lagi ke dokter kandungan ya, agar lebih mantab dan tidak lagi gelisah memikirkan bagaimana posisi tidur ibu hamil muda ini.

Beberapa posisi tidur ibu hamil muda yang baik dan yang kurang baik

Posisi tidur tengkurap

  • Apakah posisi tidur ibu hamil muda yang tengkurap ini cukup aman ? ternyata aman teman-teman. Akan tetapi memang pada masa trimester pertama, teman-teman yang sedang menjalani kehamilan akan mengalami sedikit pembesaran payudara dan juga payudara yang semakin sensitif. Kondisi inilah yang kemudian menjadikan posisi tidur tengkurap ini jadi tidak nyaman.
  • Selain itu pada awal minggu ke-14 ini, perut seorang ibu juga mulai ada perubahan yang sudah kelihatan membesar, hal ini juga menambah ketidak nyamanan posisi tidur ibu hamil muda yang tengkurap.

Posisi tidur terlentang

  • Setelah membaca beberapa sumber, sepertinya ada tulisan yang berbeda tentang posisi tidur hamil muda dengan terlentang ini, dan setelah kami cek langsung ke ahlinya maka kami akan coba sajikan data yang kami peroleh melalui tulisan ini. Untuk teman-teman semua, kami sangat berharap jika teman-teman mencari sebuah informasi di internet hendaknya menengok dari beberapa sumber.
  • Setelah memasuki minggu ke-16 masa kehamilan, teman-teman TIDAK DIANJURKAN untuk tidur terlentang, jadi bukan DIANJURKAN, tetapi TIDAK DIANJURKAN, kenapa ? karena dengan posisi tidur ibu hamil muda seperti ini kita akan meletakkan semua beban berat rahim ke bagian belakang, vena cava inferior dan usus. Tidur dengan posisi terlentang ini juga bisa memunculkan resiko sakit pinggang dan berbagai ganguan lainnya seperti sesak nafas, wasir, masalah dengan pencernaan, pernafasan dan lainnya.
  • Posisi tidur ibu hamil muda yang terlentang pada trimester kedua juga ketiga sangat berpotensi mempengaruhi tekanan darah. Dalam beberapa kasus ada diantara teman-teman yang kemudian mengalami penurunan tekanan darah dimana hal ini akan membuat kita menjadi pusing. Pada kasus lainnya justru yang terjadi sebaliknya, dimana tekanan darah justru meningkat.
  • Catatan penting : Tidur dengan posisi telentang sangatlah tidak dianjurkan untuk kasus kehamilan dengan tekanan darah tinggi.

Posisi tidur miring ke kiri dan ke kanan

  • Posisi ini sangat dianjurkan buat teman-teman yang masa kehamilannya sudah memasuki pada minggu ke-16.
  • Posisi tidur miring ke kiri ini akan memberikan banyak keuntungan pada janin dalam kandungan teman-teman dan juga untuk diri teman-teman sendiri yaitu,
  • Dengan posisi tidur ini juga akan memudahkan bagi ginjal untuk membuang dan memebersihkan sisa-sisa produk dan juga cairan dari dalam tubuh kita sehingga bisa membantu mengurangi terjadinya pembengkakan diĀ  pergelangan baik tangan maupun kai dan juga bagian kaki selain ada pergelangan.
  • Agar tidur teman-teman nyaman maka bisa juga teman-teman membeli satu set bantal hamil. Jika belum sempat membeli, maka gunakanlah saja bantal yang biasa dipakai dan letakkanlah diantara dengkul dan dipunggung.

Demikian artikel tentang posisi tidur ibu hamil muda ini kami buat untuk teman-teman semua. Jika dirasa kurang bermanfaat kami mohon maaf dan jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan teman-teman agar selama menjalani proses kehamilan diberikan kelancaran dan kesehatan baik untuk ibu maupun untuk bayi dalam kandungan.


DMCA.com Protection Status