Puasa Ramadhan Sekaligus Diet? Pola Menu Sehat Ini Bisa Membantumu

Puasa adalah aktivitas ibadah yang pada hakekatnya adalah menahan makan dan minum selama kurang lebih 14 jam. Seharusnya dengan berpuasa berat badan akan turun secara sehat dan alami, namun pada beberapa orang tertentu, terutama kalangan menengah ke atas puasa justru membuat berat badan semakin meningkat.

menu diet puasa agar tubuh selalu sehat

(c) shutterstock.com

Mengapa hal itu bisa terjadi? Penyebabnya adalah pola makan yang salah. Kebanyakan orang-orang menyediakan menu sahur dan menu buka yang super mewah yang hanya menitikberatkan pada soal rasa tanpa memperhatikan nilai nutrisi dan nilai kalorinya. Artinya orang cenderung makan lebih “wah” dari biasanya karena berusaha memanjakan diri setelah seharian berpuasa.

Pada beberapa jenis makanan tertentu mengandung lemak dan kalori yang sangat tinggi yang mana pada akhirnya akan memicu kenaikan berat badan. Maka setelah menjalankan puasa selama sebulan penuh, tubuh justru makin gemuk.

Pola makan yang sehat saat berpuasa untuk tubuh yang sehat

Sebenarnya saat puasa adalah saat paling tepat untuk menjalankan program diet sehat.  Selama sebulan penuh tubuh memiliki jam makan tertentu sehingga jika kita bisa memilih jenis nutrisi yang tepat  maka tubuh menjadi lebih sehat. Berikut ini beberapa menu sehat berpuasa sambil kamu menjalankan  diet!

Nasi dengan porsi lebih sedikit saat berbuka

Sebaiknya kamu mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis seperti buah kurma, kolak, atau teh manis. Selanjutnya kami jangan terburu-buru untuk menyantap nasi, namun segeralah untuk mengambil air wudlu dan sholat. Barulah setelah itu kamu bisa menyantap nasi dengan porsi yang sedikit, misalnya 1 centong, dengan tambahan lauk dan sayur secukupnya.

Perbanyak buah dan sayur saat buka puasa

Pada malam hari setelah sholat tarawih, jangan banyak-banyak makan camilan. Namun perbanyaklah untuk mengkonsumsi buah dan sayur. Buah seperti pisang, jeruk dan apel sangat bagus dikonsumsi. Begitu pula dengan sayur berkuah seperti sayur bayam atau sayur sop.

Minum air putih

Minum air putih minimal 8 gelas sehari, 3 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 3 gelas setelah sholat tarawih.  Hal ini untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Baca juga :

Waktu sahur dan berbuka puasa bukan saatnya bagi kita untuk memanjakan diri setelah seharian menahan lapar dan haus. Puasa seharusnya menjadi momen paling tepat untuk melakukan diet sehat agar terhindar dari masalah obesitas dan tubuh lebih bugar. Selain mengacu pada beberapa menu tersebut, agar diet kamu berhasil lakukan juga olahraga ringan menjelang berbuka seperti senam, jalan-jalan, atau bersepeda. Semoga bermanfaat! (Ayla/IBW)


DMCA.com Protection Status