Punya Kulit Wajah Berminyak dan Kering? Begini Cara Merawatnya

Tentu sobat Ayla sudah memahami kalau jenis kulit dari setiap orang itu berbeda-beda. Nah dari titik inilah kemudian kita juga dituntut harus memahami bahwa karena ada perbedaan ini maka cara merawat kulit nya pun juga berbeda. Itulah kenapa diluaran sana banyak sekali produk kecantikan kulit yang mempunyai fungsi dan kegunaan masing-masing. Yuk, sekarang kita coba lihat sama-sama pilihan perawatan kulit terbaik yang manakah yang paling cocok untuk kulit teman-teman.

cara merawat wajah berminyak

(c) shutterstock.com

Cara merawat wajah berminyak

Kulit berminyak cenderung mempunyai pori-pori kulit yang sedikit lebih besar dengan wajah yang tampak berminyak. Dalam beberapa kasus ada juga yang cenderung belang. Kulit yang berminyak sangat rentan dengan masalah komedo dan jerawat karena ada kelebihan sebum (baca juga : cara mengobati jerawat dengan minyak Argan). Sebum yang berlebih ini akan menangkap kotoran yang kemudian membuat pori-pori pada kulit wajah tersumbat. Akan tetapi jenis kulit yang satu ini memiliki tingkat kelembapan yang relatif cukup, makanya mereka yang memiliki kulit ini akan mengalami masa penuaan yang sedikit lebih lambat.

Cara merawat kulit berminyak yang banyak dilakukan adalah :

  • Cuci bersih bagian wajah dengan air hangat serta menggunakan sabun yang ringan.
  • Setelah itu keringkan dengan handuk lembut dengan cara ditepuk-tepuk ringan.
  • Pakailah krim atau lotion yang berbasis air dan tidak mengandung minyak.
  • Ada baiknya juga gunakan kosmetik dengan kandungan jojoba atau coconut oil karena kedua bahan ini bisa membantu melembapkan kulit kita tanpa menyumbat pada pori-pori.
  • Pakailah produk penyegar yang berbasis aseton, kenapa? karena aseton ini bisa membantu dalam meminimalkan dan menghilangkan minyak di kulit.
  • Pakailah masker alami buatan sendiri atau bisa juga dengan masker lumpur (baca juga : cara membuat masker lumpur). Masker ini bisa dengan baik dalam membantu menyerap minyak yang berlebih.
  • Jangan sampai stres! karena nanti efeknya akan menyebabkan tumbuhnya jerawat dan juga komedo.
  • Lakukan exfoliating secara berkala (baca juga : cara melakukan exfoliating) atau proses pengelupasan kulit mati yang sangat baik dalam membantu menyingkirkan minyak di wajah dan juga menghindarkan dari munculnya komedo. Bila kulit sobat Ayla termasuk sensitif, maka sebaiknya atur intensitas perawatan wajah, kurangi menjadi 1X setiap minggu atau sesuai saran konsultan kecantikan di salon & spa kalian.
  • Ini yang tidak kalah pentingnya, usahakan untuk menguurangi konsumsi berbagai makanan yang berminyak dan juga yang mengandung lemak jenuh. Cobalah untuk mengonsumsi dark chocolate, biji labu dan lain sebagainya yang bisa membantu mengontrol minyak berlebih di kulit wajah.

Cara merawat wajah dengan kulit kering

Kulit kering ini pada umumnya akan terlihat (sedikit) kusam dan pecah-pecah serta pada kasus tertentu yang memilikinya akan sering merasakah kencang. Kulit menjadi pecah-pecah dikarenakan sangat kurangnya tingkat kelembaban pada kulit. Dan , kulit kering terasa kencang karena kulit jenis ini mempunyai tingkat sebum yang rendah. Jika ini adalah jenis kulit sobat Ayla, maka segera lakukan beberapa cara merawat kulit ini, yang bisa dilakukan sendiri di rumah guna membantu merawat kulit kering.

Kulit kering sangat memerlukan pelembab, selain itu juga perlu diberikan rangsangan dengan pijatan lembut yang teratur untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah. Pijatan ringan ini juga akan membantu dalam mengaktifkan kelenjar penghasil sebum .Hal penting yang perlu sobat lakukan adalah, sesaat setelah mencuci muka, maka segera keringkan wajah dengan menggunakan handuk bersih yang lembut. INGAT! Jangan pernah menggosok wajah, cukup ditempelkan dan ditepuk-tepuk saja perlahan. Setelah itu pakailah krim pelembab serta krim mata pilihan teman-teman di malam hari.

Ada pendapat yang mengatakan bahwa penggunaan krim jauh lebih baik jika dibandingkan dengan lotion .Kenapa demikian? karena krim memiliki kandungan akan minyak jauh lebih banyak. Ada baiknya bagi sobat Ayla yang mempunyai masalah kulit kering, setelah mandi selalu rajin mengoleskan krim yang mengandung susu. Kemudian pilihlah pelembab untuk kulit kering yang mengandung hyaluronic acid, dimethicone, atau glycerin.

Merawat kulit wajah kombinasi

Seperti apa sih yang dimaksud dengan kulit kombinasi ini? Ada yang sudah tahu? Kulit yang kombinasi adalah yang kulit wajahnya berminyak pada area “T” (hidung,dahi,dagu) dan diluar area ittu kering. Perlu sedikit kehati-hatian dan kedisiplinan dalam merawat kulit wajah yang demikian ini. Pakailah pelembab yang biasa dipakai untuk kulit berminyak pada area “T” serta pergunakan pelembab yang biasa dipakai untuk kulit kering di area wajah lainnya yang kering.

Untuk Anda yang mempunyai jenis kulit normal dan sensitif silahkan baca artikel kami selanjutnya yang berjudul “Perbedaan cara merawat wajah dengan kulit normal dan sensitif”. Terima kasih sudah berkunjung dan mohon di share ke FB kalian untuk membantu teman-teman kita lainnya yang membutuhkan. (Ayla/Alw)


DMCA.com Protection Status