Rutin Melakukan Perawatan Wajah Secara Alami Menjadikanmu Makin Cantik

Melakukan perawatan wajah merupakan hal yang biasa dilakukan oleh setiap wanita. Bahkan ada dari mereka yang rela menghabiskan uang yang banyak hanya dengan sekali pergi ke salon kecantikan saja. Rutin melakukan perawatan wajah memang akan membuat wajah menjadi lebih cantik dan bersih. Selain itu, kulit wajah juga akan terjaga kelembaban dan kesehatannya. Tapi, apakah perlu hingga mengeluarkan kocek yang bisa dibilang tidak sedikit untuk berkali-kali pergi ke salon kecantikan? Bagi Anda yang ingin melakukan perawatan wajah tetapi juga ingin menghemat pengeluaran, perawatan wajah secara alami bisa menjadi jawabannya.

perawatan wajah secara alami

(c) shutterstock.com

Cara merawat wajah secara alami

Perawatan wajah dengan menggunakan bahan-bahan alami bisa terjamin khasiatnya. Selain tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya, Anda juga tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk mempersiapkan bahannya. Berikut ini adalah beberapa cara merawat wajah secara alami yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah:

Tomat

Kandungan vitamin C yang ada dalam tomat sangat berguna sekali untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah, membersihkan kulit wajah, dan juga memberikan nutrisi yang penting bagi kesehatan kulit wajah. Anti oksidan yang terkandung di dalamnya juga dapat merawat kulit wajah yang terbakar karena sengatan sinar matahari, memberikan kecerahan alami pada kulit, dan membantu mengatasi komedo di wajah. Cara membuat masker tomat sangat mudah. Haluskan satu buah tomat dengan menggunakan blender atau ditumbuk hingga halus. Tambahkan satu sendok makan madu murni dan aduk hingga tercampur rata. Oleskan masker ke wajah menggunakan kuas secara merata. Diamkan selama 15 menit atau hingga mengering dan bilas menggunakan air hingga bersih.

Mentimun

Mentimun bermanfaat untuk memberikan efek sejuk pada wajah. Kandungan vitamin A, B komplek, C, dan E yang ada dalam mentimun ini berguna sebagai anti oksidan sehingga dapat menjaga kulit dari serangan sinar UV. Selain itu, kandungan kadar air yang tinggi dalam mentimun juga dapat memberikan kelembaban dan membuat kulit wajah menjadi segar. Cara membuat masker mentimun ini adalah dengan menghaluskan setengah mentimun yang sudah dikupas dan dicuci bersih, yang ditambahkan satu sendok susu bebas lemak, dan satu sendok yogurt. Blender semua bahan hingga tercampur rata dan halus. Oleskan masker mentimun ke wajah menggunakan kuas. Biarkan selama 20 menit sebelum dibilas hingga bersih menggunakan air. Anda juga bisa mengiris mentimun dan menggosokkannya ke wajah secara lembut. Kemudian tempelkan irisan mentimun tersebut ke seluruh area wajah hingga terasa dingin.

Alpukat

Tidak hanya nikmat diminum sebagai jus, alpukat juga dapat dibuat sebagai masker wajah dengan banyak manfaat. Vitamin C yang ada pada alpukat berguna untuk menangkal radikal bebas. Kandungan lainnya juga dapat menghaluskan kulit wajah. Alpukat yang mengandung kolagen ini dapat digunakan untuk melawan tanda-tanda penuaan dini dan memberikan kekencangan pada kulit wajah. Anda cukup menghaluskan satu buah alpukat (bisa dengan cara di blender) dan balurkan pada wajah secara merata. Diamkan beberapa saat hingga mengering. Bilas menggunakan air hingga bersih.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai masker untuk melakukan perawatan wajah. Sebenarnya hampir semua buah dapat digunakan sebagai masker untuk melakukan perawatan wajah secara alami . Anda hanya perlu menggunakannya secara rutin dan teratur agar hasil yang didapat lebih maksimal. Mendapatkan wajah yang cantik memang membutuhkan waktu. Nikmati proses tersebut dan hasilnya pasti tidak akan mengecewakan. Selamat mencoba!(Ayla/Ndi)


DMCA.com Protection Status