Saatnya Kita Lihat Berbagai Manfaat Buah Mengkudu untuk Kecantikan

Morinda Citrifolia atau masyarakat Indonesia biasa mengenalnya dengan mengkudu memiliki banyak kandungan nutrisi yang lengkap dan hal ini sangat bermanfaat bagi tubuh. Buah mengkudu ketika sudah matang akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Meskipun, demikian tidak mengurangi kekayaan manfaat mengkudu untuk kecantikan. Manfaat mengkudu ini sangat lengkap dan baik untuk anda khususnya bagi yang tengah fokus merawat kecantikan secara alami. Beberapa penjelasan tentang manfaat buah mengkudu untuk kecantikan antara lain adalah.

khasiat dan manfaat buah pace

(c) shutterstock.com

Mencegah Penuaan Dini

Beberapa penelitian dilakukan terhadap aktivitas antioksidan buah mengkudu. Penelitian tersebut membuktikan bahwa buah mengkudu memiliki keistimewaan dalam menghambat radikal bebas. Aktivitas penghambatan pada radikal bebas yang dilakukan oleh buah mengkudu 2,8x lebih kuat dibandingkan dengan Vitamin C. Hal ini, menunjukan bahwa mengkonsumsi jus buah mengkudu dapat membantu mencegah penuaan dini yang berupa keriput, kerutan, dan juga kusam.

Menghaluskan Kulit yang Bersisik

Memiliki kulit yang bersisik sering kali menjengkelkan, pengobatan yang dilakukan sering kali justru menjadikan ketergantungan. Barangkali, anda perlu mencoba menggunakan buah mengkudu untuk mengatasi kulit anda yang bersisik. Caranya mudah, ambilah buah mengkudu yang sudah matang tetapi belum busuk. Gosoklah secara merata pada bagian kulit yang bersisik, diamkan 10-15 menit. Kemudian, bilaslah dengan air hangat. Lakukan treatment ini terartur 2x seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

Bagi Anda yang mendambakan rambut yang berkilau dan sehat, boleh mencoba buah mengkudu sebagai alternatifnya. Manfaat mengkudu untuk rambut juga sangatlah banyak, contohnya untuk memberantas ketombe dan mengurangi rambut rontok. Hal yang tidak banyak orang tau adalah buah mengkudu memiliki kebaikan untuk memberantas ketombe. Caranya, gosoklah buah mengkudu yang sudah matang akan tetapi belum busuk menyeluruh di rambut kepala, pijatlah perlahan dan diamkan 5-10 menit. Pada awalnya memang akan terasa sedikit gatal, kemudian cucilah rambut dengan air hingga bersih.

Kerontokan rambut yang tidak normal sering kali mengkhawatirkan, khususnya bagi perempuan yang sangat merawat mahkota kepalanya tersebut. Terlalu sering menyisir rambut, pengaruh debu karena aktifitas di luar ruangan, rambut lembab bagi anda yang berjilbab menjadi penyebab rambut rontok. Sebelum anda mengalami kebotakan karena rambut rontok, cobalah untuk menggunakan masker buah mengkudu. Cara menggunakan masker buah mengkudu itu mudah, sama dengan memakai masker untuk memberantas ketombe. Ulasan singkat di atas adalah bebrapa manfaat mengkudu untuk rambut yang dapat kita peroleh.

Setelah kita mengetuahi begitu banyak kegunaan dari buah pahit ini, tidak ada salahnya jika Anda mencobanya di rumah karena manfaat buah mengkudu untuk kecantikan ini tidak memiliki efek samping.(Ayla/Wah)


DMCA.com Protection Status