Sedikit Review Ulang Mengenai Jerawat

Masih berbicara tentang jerawat yang menjengkelkan nih! Jerawat yang merupakan salah satu jenis kotoran di wajah ini, tak henti-hentinya menjadi topik utama dalam artikel kecantikan baik tentang cara menghilangkan jerawat maupun juga pembahasan khusus lainnya tentang cara menghilangkan bekas jerawat . Tapi, sebelumnya apakah Anda tahu apa penyebab jerawat? Jerawat merupakan kondisi dimana pori-pori kulit mengalami penyumbatan, sehingga terbentuklah sebuah kantung yang bernanah hingga meradang yang disebut jerawat. Dari situlah, kita dapat menyimpulkan bahwa timbulnya jerawat diakibatkan oleh sumbatan pada pori-pori kulit. Nah sekarang pertanyaannya, apa sih yang menyebabkan timbulnya jerawat atau sumbatan pori-pori kulit tersebut ?

cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat dengan cepat dan mudah secara alami dengan menggunakan buah dan sayur

Penyebab timbulnya jerawat

Sebenarnya, timbulnya jerawat bisa diakibatkan oleh beberapa faktor seperti berikut ini:

Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan merupakan faktor utama penyebab jerawat. Faktor lingkungan penyebab jerawat, biasanya berasal dari polusi udara atau debu yang kotor yang kita temui di jalanan. Bagaimana tidak, dalam melakukan aktivitas di luar setiap orang tak pernah luput dari kontak polusi udara. Apalagi jika tinggal di kota-kota besar yang padat kendaraan bermotor. Polusi udara atau kotoran debu di jalanan dapat memicu timbulnya jerawat, terutama bagi orang yang kulitnya sensitif.

Faktor Makanan

Faktor makanan juga merupakan faktor terpenting penyebab jerawat. Biasanya mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak berlebih khususnya lemak jahat, bisa menjadi pemicu jerawat. Adapun makanan yang mengandung lemak jahat tersebut adalah gorengan, daging berlemak, dan kacang-kacangan. Nah, untuk mencegahnya Anda harus menghindari makanan-makanan tersebut.

Faktor Stress

Faktor ini juga tak kalah pentingnya dalam menyebabkan jerawat. Stress berkepanjangan mengakibatkan daya tahan tubuh seseorang menjadi berkurang, sehingga sangat mudah terjangkit bakteri atau kuman-kuman di jalanan menempel pada kulit yang akhirnya menyebabkan jerawat. Tak hanya stress, biasanya kurang tidur juga dapat mengakibatkan munculnya jerawat. Hal ini dikarenakan, kurang tidur dapat mempengaruhi terganggunya regenerasi kulit yang biasanya terjadi pada malam hari, ketika kita tidur.

Faktor Genetik

Faktor genetik biasanya lebih sulit dicegah untuk menghindari jerawat. Biasanya, jika ayah, ibu, kakek, dan nenek sewaktu remaja mengalami masalah berjerawat, akan diturunkan pada anak atau cucunya. Faktor genetik ini berhubungan dengan masalah gen, jadi sulit untuk di atasi. Nah, bagi Anda yang mengalami ini wajib berkonsultasi dengan dokter kulit.

Faktor Hormonal

Faktor ini biasanya berlangsung bagi perempuan saat menjelang menstruasi. Anda bisa mengatasinya dengan cara perbanyak mengkonsumsi air putih, istirahat yang cukup, kurangi makanan berlemak tinggi, dan bersihkan wajah secara rutin.

Nah, dari kelima faktor penyebab jerawat, Anda bisa mencegah jerawat tinggal lebih lama di wajah. Yaitu dengan cara menjalankan pola hidup sehat. Dimana, konsumsi makanan yang bergizi yang mengandung nutrisi dan Vitamin yang dibutuhkan kulit seperti Vitamin C dan E, perbanyak minum air putih sebagai detoksifikasi alami, tidur yang cukup, hindari begadang, dan jangan lupa untuk membersihkan wajah secara rutin.

Catatan tentang jerawat

Jerawat merupakan kondisi dimana pori-pori kulit mengalami penyumbatan, sehingga terbentuklah kantung yang bernanah hingga meradang yang disebut jerawat.


DMCA.com Protection Status