Sekilas Seputar Pengertian Yoga

Yoga adalah suatu olahraga ringan yang dilakukan untuk melatih pernapasan, melatih kelenturan tubuh dan masih banyak lainnya. Namun banyak orang tidak mengetahui mengenai definisi atau pengertian yoga. Yoga adalah berasal dari bahasa sensakerta yang berarti menghubungkan. Dalam hal ini hubungan antara individu dan spiritual.

pengertian yoga

(c) shutterstock.com

Yoga berasal dari Negara Bollywood yaitu India. Oleh karena itu banyak istilah dalam yoga yang menggunakan bahasa India. Dalam salah satu pendapat oleh Bhagavad-gita, yoga diartikan sebagai keadaan bebas dari suatu kesedihan atau penderitaan. Hal ini mungkin dimaksudkan bahwa yoga adalah suatu tindakan untuk melepas penat, karena pada dasarnya tujuan yoga adalah untuk menenangkan jiwa seseorang.

Berikut adalah gambaran umum mengenai yoga sebagai kelanjutan dari artikel tentang pengertian yoga ini. Yoga dahulu kala mulai diprkatekan pada 7000 tahun lalu oleh seorang yogi yang memiliki peranan penting dalam Sadashiva. Pada intinya yoga dipakai untuk melepaskan kesedihan. Latihan yoga pun dilakukan dengan berdasar pada kepedulian. Latihan yoga terus berkembang pada bidang yang lebih luas lagi seperti bidang kesenian, sastra, musik, farmasi, tarian hingga kepedulian terhadap sesama.

Setelah berkembang cukup lama didataran India, yoga berkembang menjadi suatu aktivitas meditasi untuk menenangkan jiwa. Setiap gerakan yang dilakukan oleh yogi dengan pembesar Sadashiva. Dalam yoga terdapat kelompok tantra, dan dalam setiap tantra diabagi kedalam beberapa bagian untuk membedakannya. Perbedaan tantra dibedakan berdasar pada jenis kelamin, usia dan golongan. Dalam pelatihan yoga di India kuno, rakyat kerajaan bersama para raja melakukan kegiatan yoga untuk berlatih konstrasi, terutama untuk mereka yang menjadi pengawal kerajaan. Dalam kegiatan yoga dan kelompok tantra, mereka mengajarkan semua wawasan dan gerakan untuk melakukan yoga. Memang luar biasa sekali yoga ini, setelah kita semakin mengerti tentang dasar pengertian yoga dan sejarahnya kami yakin teman-teman akan semakin semangat, yuk, kita lanjutkan dulu pembahasannya.

Dalam ajaran tantra, mereka diajarkan untuk memandang segala sesuatu dnegan sikap positif, melakukan tindakan yang baik dan membawa kesabaran bagi setiap orang yang melakukannya. Sehingga dengan menerapkan prinsip dan gerakan yoga ini memacu manusia untuk bersikap dan berpikiran positif, itu mengapa yoga sangat bagus untuk menenangkan jiwa seseorang dan juga membuat seseorang agar bisa berkonsentrasi dengan baik. Demikian adalah pengertian dan gambaran umum mengenai yoga, setidaknya teman-teman mengetahui asal mula gerakan dan prinsip dalam yoga. Dalam artikel selanjutnya kami akan memaparkan mengenai astanga yoga yang juga memiliki manfaat besar bagi kesehatan teman-teman.

Demikian sedikit informasi tentang pengertian yoga yang coba kami rangkum dari beberapa hasil tanya jawab dan mengambil dari beberapa sumber di internet. Karena terlalu banyak versi maka kami mencoba mengambil versi tengahnya saja yang tujuannya adalah memberikan informasi kepada kita semua bahwa pada dasarnya yoga adalah salah satu pilihan terbaik untuk membantu kita hidup semakin sehat, tenang dan cantik ceria, semoga bermanfaat.(Ayla/Hey)


DMCA.com Protection Status