Senam Yoga Sangat Baik untuk Membantu Mengecilkan Badan

Tentang senam Yoga dan manfaatnya untuk membantu mengecilkan badan. Yoga sempat menjadi kontroversial di Indonesia karena dianggap berafiliasi dengan ajaran agama tertentu sehingga sebaiknya tidak dilakukan oleh penganut ajaran agama lainya. Yoga sendiri mulanya berasal dari tradisi Vedic-Indian yang kemudian berkembang sekitar abad ke 6 dan 7 sebelum masehi. Guru Yoga kemudian mengenalkan Yoga pada dunia barat. Setelah itu Yoga kemudian menjadi populer di dunia barat.

senam yoga

(c) shutterstock.com

Mengenal Yoga

Ada banyak arti kata Yoga dalam bahasa Sansekerta, Yoga dapat berarti hubungan, persatuan, metode, aplikasi, pertunjukan, dan lain-lain. Makna Yoga kemudian banyak diartikan sebagai gerakan olahraga yang sering digunakan untuk tujuan terapi. Yoga disebutkan dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang tapi tidak dapat menyembuhkan kesehatan. Yoga sendiri kemudian menjadi terati alternative yang cukup banyak digunakan di Amerika pada tahun 2007.

Yoga dan Mengecilkan Badan

Gerakan-gerakan yoga sangat beragam dan ada beberapa gerakan yang bagus untuk mengecilkan badan. Penelitian sendiri menyebutkan bahwa yoga dapat menurunkan hormon stress dan meningkatkan sensitivitas insulin yang merupakan sinyal bagi tubuh untuk membakar makanan sebagai bahan bakar daripada menyimpannya sebagai lemak. Gerakan-gerakan senam yoga berikut ini akan membantu mengecilkan badan:

Crescent

Cara melakukan ini yaitu dengan berdiri dan kaki kiri di depan lalu kaki kanan di belakang. Kaki kiri kita yang ditekuk sebagai tumpuan sementara kaki kanan ditarik ke belakang. Kedua tangan kemudian diangkat sambil menarik napas, tahan napas dan keluarkan. Lakukan gerakan bergantian dengan kaki kiri yang kebelakang.

Willow

Cara melakukan ini yaitu dengan cara berdiri dan bertumpu pada satu kaki dengan kaki yang lainnya diangkat dan ditempatkan menempel ke paha kaki satunya. Luruskan kedua tangan ke atas. Satukan tangan di depan dada selama dua kali napas. Pada tarikan napas ke tiga buka tangan dan angkat tangan ke atas. Lakukan berulang selama 3 sampai dengan 5 kali.

Rocking Boat

Gerakan rocking boat dilakukan dengan duduk dan bertumpu pada bagian pantat tubuh. Kaki keduanya diangkat sekitar 45 derajat dari lantai. Pada saat menarik napas, lebarkan tangan dan juga kaki. Keluarkan napas lalu tarik napas sambil turunkan kaki sekitar 3-4 inch sehingga tubuh membentuk huruf V. Keluarkan napas dan angkat kembali kaki. ulangi gerakan tersebut 3 sampai 5 kali.

Hover

Gerakan hover dimulai seperti posisi push up yaitu tengkurap lurus dengan ujung kaki dan tangan diangkat sejajar. Jadi tubuh bertumpu pada telapak tangan dan ujung kaki. saat mengeluarkan napas turunkan dada, dan tangan mendekat pada tubuh. Tahan beberapa inchi di atas lantai. Lakukan gerakan ini 3 sampai dengan 5 kali.

Melakukan gerakan-gerakan yoga tersebut tidak lengkap jika tidak disertai tutorial videonya jadi atau dilakukan bersama dengan orang yang sudah mengerti gerakan yoga. (Ayla/San)


DMCA.com Protection Status