Siapa Bilang Puasa Tak Boleh Olahraga? Inilah Waktu Paling Tepat

Bagi beberapa orang, olahraga adalah narkoba. Sehari saja tidak ‘dikonsumsi’ maka tubuh akan sakau rasanya. Tidak berlebihan memang, karena berolahraga dapat memberikan dampak positif bagi tubuh dan membuat hati senang karena tubuh memproduksi hormon endorfin, sebuah hormon anti-nyeri alami. Tips olahraga saat puasa ini akan membantu orang-orang yang ingin tahu kapan waktu terbaik untuk olahraga saat puasa.

tips olahraga saat puasa

(c) shutterstock.com

Waktu yang tepat untuk berolahraga saat puasa

Menurut para ahli, ada tiga waktu olahraga saat puasa yang disarankan. Kapan sajakah itu? Ialah pagi setelah shubuh, satu jam menjelang maghrib, dan dua jam setelah buka puasa. Sebagian ahli menyetujui waktu pagi atas dasar alasan tubuh yang masih segar di pagi hari dan setelah sahur. Waktu tepatnya yang disarankan adalah tiga jam setelah sahur.

Melakukan olahraga di sore hari menjelang maghrib (buka puasa) memiliki keuntungan tersendiri, dimana kita dapat segera mengganti energi dan cairan yang hilang saat buka puasa. Sore hari pun menguntungkan para pria yang ingin membangun ototnya, karena di waktu-waktu tersebut hormon testosteron sedang dalam kadar yang tinggi sehingga mempercepat pembentukan otot. Malam hari juga disarankan, lebih tepatnya dua jam setelah makan besar saat buka puasa atau setelah sholat tarawih. Olahraga di malam hari ada kerugiannya, yaitu membuat tubuh jadi lelah sehingga membuat jadi sulit bangun untuk sahur esoknya.

Jenis olahraga mesti diperhatikan demi kesehatan. Orang-orang yang terbiasa melakukan latihan angkat beban hendaknya mengurangi bebannya dengan frekuensi latihan seperti biasanya. Bila ia terbiasa latihan tiga kali seminggu selama 30 menit, maka tetaplah latihan sebanyak itu hanya saja bebannya dikurangi sebanyak 40 hingga 60 persen. Intensitas olahraga kardio juga mesti diturunkan, dari yang bisanya lari hingga menjadi jalan cepat saja. Asalkan tetap meningkatkan denyut jantung (mencapai zona aerobik), olahraga kardio yang ringan tetap berdampak positif bagi tubuh.

Baca juga :

Jangan lupa juga untuk banyak minum air putih dalam rentang waktu setelah buka puasa hingga sahur untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Olahraga dapat membuat seseorang dehidrasi karena keringat yang keluar. Disarankan juga untuk berolahraga di tempat sejuk. Jadi, puasa bukan halangan untuk melakukan olahraga, tinggal bagaimana kita memilih waktunya. (Ayla/IBW)


DMCA.com Protection Status