Tanda putih di kuku jari tangan dan kaki itu pertanda apa ya

Beberapa diantara kita ada yang sering mengartikan bahwa tanda putih di kuku itu merupakan pertanda adanya seseorang yang sedang naksir sama kita tetapi ada juga yang berpendapat sebaliknya, yaitu justru ada yang sedang sangat membenci kita. Apakah benar demikian? Yuk kita sama-sama cari tahu apa sih sebenarnya arti munculnya tanda putih pada jari kuku ini, baik di tangan maupun kaki.

tanda putih di kuku

(c) wikipedia

Tanda putih di kuku ini memang sangat banyak membuat seseorang bertanya-tanya tentang artinya apa? Tetapi dalam pembahasan kali ini kita akan fokus pada, apa penyebabnya. Jadi bukan arti munculnya tanda tetapi kenapa muncul tanda putih ini. Sebagian besar dari kita mungkin tidak tahu apa penyebab utamanya, dan kemudian sering mengartikan yang macam-macam sesuai dengan pendapat yang berkembang di masyarakat.

Penyebab umum tanda putih di kuku

Pada Rabu, 28 September 2011, sebuah situs populer didunia Health.Howstuffworks menuliskan bahwa salah satu yang paling umum menyebabkan munculnya tanda putih di kuku tangan dan juga kaki, baik yang berupa garis kecil ataupun bintik-bintik putih adalah suatu keadaan atau kondisi yang juga disebut dengan Leukonychia.

Hmm, namanya koq serem amat ya? Apaan sih itu? Berbahaya nggak? Yuk coba kita lanjutkan dulu pembahasan kita kali ini. Walaupun namanya tampak sangat serius dan ngeri-ngeri sedap, tetapi menurut beberapa sumber dikatakan bahwa kondisi ini tidak berbahaya. Ada beberapa pendapat tentang hal ini, termasuk salah satunya adalah bahwa kondisi ini disebabkan karena karena adanya kondisi kekurangan nutrisi seperti halnya kurangnya zinc atau kalsium. Meskipun hal ini dikatakan tidak selamanya terbukti benar.

Faktanya adalah, kondisi adanya bintik putih pada kuku ini paling banyak terjadi sebagai akibat dari trauma sedang atau ringan di kuku. Kondisi ini sering diikuti dengan pertumbuhan kuku pada jari tangan atau kaki yang cenderung melambat. Terkadang seseorang ada kemungkinan tidak menyadari adanya cedera pada kuku yang sudah terjadi pada beberapa hari atau minggu sebelumnya sehingga pada akhirnya menyebabkan muncul bintik atau tanda putih di kuku ini.

Secara umum keadaan yang terjadi ini tidaklah memerlukan penanganan khusus dan pengobatan apapun. Dan dari beberapa sumber mengatakan bahwa tanda putih pada kuku ini akan hilang saat nanti kuku tumbuh dan bertambah panjang serta secara rutin kita memotongnya. Dan jika tidak terjadi trauma lagi maka, tanda putih pada kuku ini biasanya tidak akan muncul lagi.Hal lain yang juga penting untuk kita ketahui adalah bahwa, tanda putih ini sangat mungkin terjadi pada satu kuku atau di beberapa kuku jari sekaligus.

Masih ada kemungkinan yang lain untuk penyebab kondisi yang satu ini. Yaitu kemungkinan adanya kondisi alergi, infeksi ringan ataupun bisa juga karena efek samping yang timbul dikarenakan minum beberapa jenis obat tertentu. Jika kemudian, muncul kondisi semua kuku jari tangan maupun kaki menunjukkan adanya bintik-bintik atau garis putih, maka ada kemungkinan juga bahwa leukonychia yang dialami ini berhubungan dengan keadaan atau kondisi lain, dimana ini jauh lebih serius dan sangat penting dan perlu untuk dikonsultasikan dengan dokter. Kondisi itu diantaranya adalah kekurangan sel darah merah atau anemia dan lain sebagainya.

Demikian sedikit info tentang tanda putih di kuku yang akhir-akhir ini banyak menjadi pembahasan di sosial media seperti facebook dan twitter. Hanya saja pembahasan yang umum disana adalah seperti apa yang kami sampaikan di awal. Yaitu apakah ada yang lagi naksir kita? Atau sebaliknya justru ada yang sangat membenci kita hehehe. Terima kasih atas kunjungannya dan silahkan share jika dianggap bermanfaat.(Ayla/Alw)


DMCA.com Protection Status