Tips Berolahraga Saat Ramadhan: Badan Sehat Puasa Lancar?

Bagi sebagian besar orang, olahraga sudah menjadi candu dan badan terasa tidak enak bila tidak berolahraga. Bagaimana saat sedang puasa? Ini menjadi dilema. Di satu sisi ingin badan tetap fit tetapi di sisi lain bila melakukan olahraga, cadangan energi dan cairan terancam habis sehingga tubuh rentan menjadi lemas dan dehidrasi. Olahraga tetap baik untuk dilakukan selama puasa dengan catatan mempertimbangkan waktu, jenis, dan intensitas olahraganya.

olahraga saat puasa

(c) shutterstock.com

Bagaimanakah olahraga yang baik saat puasa?

Hormon insulin yang berperan untuk transfer glukosa ke sel-sel otot tidak dapat dikeluarkan oleh tubuh karena tidak ada makanan yang masuk. Saat sedang berpuasa, melakukan aktivitas justru baik bagi tubuh karena dapat membuat glukosa masuk ke sel-sel otot tanpa bantuan insulin sehingga tubuh tidak lemas. Jenis olahraga saat puasa yang dapat dijadikan pilihan adalah brisk walking (jalan cepat), bersepeda santai, yoga, dan taichi. Jenis olahraga tersebut dapat membuat jantung mencapai zona aerobik tanpa harus membuat tubuh kehabisan energi dan cairan. Jenis olahraga tersebut dapat disebut dengan jenis olahraga low impact.

Olahraga saat puasa lebih disarankan dilakukan di tempat yang sejuk agar tidak banyak keringat yang keluar sehingga menurunkan risiko dehidrasi. Tanda-tanda dehidrasi yang dapat dikenali yaitu kepala pusing, penurunan konsentrasi, bibir dan kulit kering, badan lemas, serta urin yang sedikit dan pekat.

Olahraga dapat dilakukan sore hari atau idealnya satu jam sebelum berbuka puasa. Jadi, setelah energi dan cairan terkuras, kita langsung dapat mengisinya kembali dengan makanan dan minuman buka puasa. Gula darah pun dapat langsung tergantikan. Frekuensi olahraga saat puasa yang disarankan adalah sebanyak tiga hingga lima kali seminggu dengan durasi masing-masing 30 menit.

Baca juga :

Demikian tips olahraga saat puasa yang dapat dipraktekkan saat puasa di Bulan Ramadhan. Jangan jadikan puasa menjadi penghalang anda untuk menjaga tubuh tetap bugar. Tetap lakukan saja olahraga dengan memilih jenis olahraga low impact tadi yang dilakukan di sore hari dengan waktu sekitar 30 menit. Itu sudah cukup untuk menjaga kebugaran tubuh anda. (Ayla/IBW)


DMCA.com Protection Status