Tips dan Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami dan Aman

Bagi teman-teman yang mengalami masalah pada gigi terutama masalah karang gigi, berikut ini ada beberapa cara membersihkan karang gigi. Sebelum membahasnya secara lanjut, pernahkan teman-teman bertanya tentang anjuran dokter untuk menggosok gigi minimal 2 kali sehari dan sebaiknya kita juga menggosok gigi sesudah makan dan sebelum tidur? Anjuran ini disampaikan sebagai upaya pencegahan masalah mulut dan gigi yang disebabkan oleh sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi. Makan yang menempel di gigi akan menyebabkan kuman dan bakteri berkupul di gigi dan dapat merusak kesehatan gigi.

cara membersihkan karang gigi

(c) shutterstock.com

Menggosok gigi dengan baik dan benar adalah cara menghilangkan karang gigi. Banyak orang melakukan cara yang salah dalam menggosok gigi. Akibatnya, meskipun teman-teman rajin menggosok gigi namun dengan tekni yang salah akan menyebabkan timbul masalah pada gigi karena tidak mampu mengangkat kotoran secara sempurna dari sela-seka gigi. Menggosok gigi yang benar adalah dengan menggosok gigi secara memutar atau menggok bagain atas gigi ke arah bawah dan sebaliknya. Jangan menggosok gigi dari kiri kekanan. Selain tidak bersih menghilangkan sisa makanan, teknik ini juga dapat menggeser posisi gigi.

Flossing merupakan cara menghilangkan karang gigi secara menyeluruh. Teknik ini bermanfaat untuk menghilangka sisa makanan dan bakteri yang terkandung didalamnya yang dapat menyebabkan karang gigi. Selain teknik yang benar dalam membersihkan gigi, hal-hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah bahan-bahan yang digunakan untuk membersihkan gigi. Bagi teman-teman yang memiliki karang gigi, pilihlah pasta gigi khusus yang mengandung florid yang berfungsi menghilangkan karang pada gigi.

Teman-teman juga dapat menggunakan bahan-bahan alami seperti baking soda, cengkeh dan biji asam kawak guna menghilangkan karang pada gigi dan caranya pun mudah dilakukan. Sebagi contoh membersihkan karang gigi dengan menggunakan cengkeh. Caranya adalah dengan menumbuk halus cengkeh dan dioleskan pada gigi lalu bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, gunakanlah secara rutin. Cara yang sama juga dilakukan pada baking soda dan biji asam kawak. Cara menghilangkan karang gigi yang paling mudah dan menyenangkan adalah dengan mengkonsumsi buah apel. (Ayla/Ayu)


DMCA.com Protection Status