Tips dan CARA MEMBERSIHKAN TELINGA Agar Selalu Bersih

Sponsored Link :

Selamat datang di Aylacream.Com dapatkan info seputar cara memutihkan wajah, menghilangkan jerawat dan komedo, mencegah rambut rontok, mengecilkan perut, dll.

Tips dan Cara Membersihkan Telinga Agar Selalu Bersih

Telinga merupakan salah satu panca indra yang patut dirawat kebersihan dan kesehatannya. Karena telinga merupakan salah satu organ luar namun menjorok ke dalam, diperlukan perawatan yang lebih intensif dengan teliti agar perawatan yang dilakukan tidak melukai organ tersebut. Oleh karena itulah, berikut ini akan dipaparkan oleh penulis seputar tips dan cara membersihkan telinga yang baik dan benar agar terjaga kebersihannya.

Tips dan cara membersihkan telinga agar selalu bersih_5

Jangan membersihkan dengan mengorek telinga

Kebiasaan masyarakat awam adalah membersihkan telinga dengan mengorek-ngorek telinga. Kebiasaan ini ternyata salah. Bahkan kebiasaan seperti ini cenderung meningkatkan resiko rusaknya telinga. Hal ini dikarenakan, korekan telinga dapat menyakiti telinga Anda tanpa Anda sadari. Mengorek telinga dapat mengurangi kenormalan gendang telinga. Gendang telinga yang normal akan tampak mengkilat. Bahkan sebagian besar robeknya gendang telinga akibat terlalu asyik mengorek telinga.

Tips dan cara membersihkan telinga agar selalu bersih_2

Cukup bersihkan telinga bagian luar

Anjuran yang tepat adalah membersihkan telinga hanya pada bagian luarnya saja. Anda bisa menggunakan kapas bersih untuk membersihkan daun telinga dan rongga telinga bagian luar. Hindari mengorek telinga hingga ke rongga telinga bagian dalam. Telinga sebenarnya telah memiliki kemampuan secara alamiah untuk membersihkan diri dengan mendorong halus kotoran dari telinga itu sendiri. Sehingga, jika Anda mengorek telinga bagian dalam ini, resiko kotoran bisa masuk kembali kedalam telinga secara tidak sengaja sangatlah besar.

Perawatan rutin kesehatan telinga

Anda bisa pergi ke klinik dokter spesialis THT untuk secara rutin memeriksakan kesehatan dan kebersihan telinga. Dokter spesialis THT ini juga dapat membantu membersihkan telinga Anda dari kotoran yang mengganggu lebih aman. Hal ini dikarenakan dokter spesialis THT jelas memiliki peralatan medis yang mendukung perawatan dan kesehatan telinga Anda.

Telinga tidak perlu terlalu bersih

Membersihkan kotoran pada telinga dianjurkan tidak terlalu bersih mungkin akan terdengar sedikit aneh untuk Anda yang telah secara rutin membersihkan telinga Anda. Hal ini dikarenakan pada rongga telinga bagian dalam terdapat serumen khusus untuk melumasi telinga dan berfungsi menyaring kotoran atau debu yang masuk ke telinga. Serumen ini juga berfungsi untuk mempersulit serangga kecil yang masuk ke telinga Anda. Seringkali serumen yang menangkap debu akan mengering secara alami dan menjadi kotoran telinga. Namun secara alami pula telinga akan mendorong kotoran ini untuk keluar dari rongga telinga.

Perawatan telinga pribadi

Jika Anda tetap ingin melakukan pembersihan telinga secara pribadi makan Anda bisa melakukannya dengan membasuh telinga dengan air bersih sewaktu mandi. Pembasuhan ini kemudian dikeringkan secara teliti menggunakan handuk kering dengan lembut. Anda juga bisa membersihkan telinga menggunakan kapas bersih dilumuri dengan minyak kelapa atau baby oil yang telah dihangatkan. Namun perawatan seperti ini hendaknya hanya dilakukan seminggu sekali.

Telinga sebagai indra pendengaran sangatlah penting untuk dijaga kesehatan dan kebersihannya. Anda bisa mengurangi penggunaan earphone, headset, handsfree dan sebagainya untuk menghindari kerusakan telinga. Jangan sampai berbagai hal membuat Anda merasakan sakit pada telinga ataupun telinga yang menjadi sensitif akibat terlalu sering dibersihkan. Demikian yang bisa penulis paparkan mengenai tips membersihkan telinga dengan baik dan benar. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.

Kesimpulan : Cara membersihkan telinga yang baik adalah dengan tidak mengorek telinga, tidak membersihkan telinga bagian dalam secara asal-asalan dan melakukan perawatan rutin telinga ke klinik THT.

Sponsored Link :

loading...

DMCA.com Protection Status