Tips dan Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami dan Mudah

Sobat Ayla, kali ini kita akan menyajikan sedikit info tentang cara menghilangkan karang gigi. Karang gigi ( plak gigi) adalah plak yang menggumpal atau bertumpuk padasela-sela gigi. Hal ini terjadi karena kandungan garam pada air liur yang bersifat basa terkontaminasi oleh sisa-sisa makanan yang bersifat asam. Pada awal terbentuknya karang gigi berwarna kuning, tapi lama kelamaan akan berubah menjadi warna coklat kehitaman. Jika anda punya kebiasaan merokok, minum kopi atau minum teh justru akan semakin memperburuk kondisi tersebut. Tahukah anda akibat fatal yang terjadi jika anda membiarkan karang gigi terus bersarang dimulut anda? Menurut penelitian hal ini akan menyebabkan kanker mulut karena karang gigi akan menjadi bakteri yang bisa memicu tumbuhnya sel kanker.

cara menghilangkan karang gigi

(c) shutterstock.com

Berikut ada beberapa cara menghilangkan karang gigi secara alami

Buah apel

Mengkonsumsi buah apel tanpa dikupas dapat membantu membersihkan karang gigi secara alami. manfaat lainnya adalah kandungan buah apel berfungsi melindungi gigi dari plak.

Baking soda

Baking soda merupakan bahan alami yang efektif untuk menghilangkan karang gigi. Cara penggunaanya : dengan menuangkan 1 sendok baking soda , lalu basahi sikat gigi menggunakan air, dan jadikan baking soda sebagai penggangti pasta gigi

Cengkeh

Bagaimana cara menghilangkan karang gigi dengan cengkeh? Anda dapat menyediakan 7 butir cengkeh dan tumbuk hingga halus. Setelah itu gosokkan pada karang gigi secara perlahan agar tidak melukai gusi. Selain dengan cara menggososkkan pada karang gigi, bubuk cengkeh juga dapat digunakan untuk berkumur

Biji asam kawak

Untuk menghilangkan karang gigi dengan biji asam kawak anda harus menyangrai biji asam kawak terlebih dahulu. Selanjutnya tumbuk atau blender biji asam kawak hingga menjadi bubuk. Dan setelah itu gunakan untuk menggosok area gigi yang terdapat karang gigi dengan menggunakan sikat atau kapas

Kulit jeruk

Cara ini tergolong ampuh membersihkan plak gigi. Terutama karang gigi yang membandel. Yaitu dengan cara menggosokan kulit jeruk pada bagian dalam gigi anda. Dapat dilakukan setelah makan, dan efektif menghilangkan bau mulut.

Strawberry

Strawberry merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C yang bisa membantu membersihkan karang gigi. Sama halnya dengan buah apel. Dengan sering mengkonsumsi buah strawberry akan membantu mengikis karang gigi dengan cepat.

Baca juga : Cara membersihkan karang gigi (artikel populer)

Melon

Melon merupakan salah satu buah yang mengandung serat alami. dengan mengkonsumsi melon makan akan sangat baik untuk memproduksi air liur anda. Sehingga kebersihan mulut terjaga.

Kunci dari semua cara diatas adalah melakukan pola hidup sehat. Dengan minimal menggosok gigi 2x sehari dengan benar dan rutin. Jika cara diatas masih kurang berhasil, anda disarankan untuk segera ke dokter gigi, agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Itulah beberapa cara untuk menghilangkan karang gigi secara alami yang bisa anda lakukan dirumah.(Ayla/San)


DMCA.com Protection Status