Tips dan Cara Menghilangkan Ketombe di Rambut yang Membandhel

Siapapun yang rambutnya memiliki ketombe, pasti akan merasa terganggu. Butiran kecil berwarna putih itu menghilangkan keindahan rambut dan penampilan kita. Oleh karena itulah, cara menghilangkan ketombe kemudian banyak dicari untuk dicoba. Agar ketombe itu bisa cepat hilang dari rambut kita. Bagaimanakah sebenarnya cara yang ampuh untuk menghilangkan ketombe? Seperti apa yang ditulis pada laman nhs.uk , ada beberapa cara yang bisa segera kalian lakukan untuk mengatasi masalah yang satu ini, silahkan dipelajari terlebih dahulu.

cara alami menghilangkan ketombe

(c) shutterstock.com

Cara menghilangkan ketombe

Tentu kita perlu rajin mencuci rambut kita. Gunakan shampoo anti ketombe untuk membantu menyingkirkan masalah itu dari rambut. Oya, untuk cara menggunakan shampo yag benar yaitu tidak dengan menggaruk kulit kepala. Sebab itu dapat merusak akar rambut dan kulit kepala. Cara yang benar saat keramas yaitu cukup dengan memijatnya secara lembut. Dengan begitu, kandungan dari shampoo mampu meresap ke dalam rambut tanpa merusak struktur rambut. Selain itu, kita perlu hindari penggunaan produk rambut seperti hairspray dan gel rambut. Hindari menggunakan produk tersebut sampai ketombe tak lagi bersarang di rambut kita. Tips menghilangkan ketombe lainnya yaitu dengan membuat rambut terkena sinar matahari. Waktu terbaik untuk melakukannya adalah di pagi hari. Cara ini secara alami dapat mengurangi ketombe di rambut.

Perhatikan saat kita memilih shampo khusus anti ketombe. Shampoo yang khusus anti ketombe terbaik biasanya mengandung zinc pyrithione, juga asam salisilat, serta selenium sulfida atau ketoconazole. Tiap zat tersebut memiliki kegunaan sendiri. Seperti zinc pyrithione yang mampu membunuh jamur Malassezia yang dianggap sebagai penyebab timbulnya ketombe. Sedang zat asam salisilat berfungsi untuk membersihkan sel kulit mati di kulit kepala. Tidak setiap shampo cocok sebagai tips menghilangkan ketombe. Khasiatnya sangat tergantung dengan kondisi kulit dan tubuh kita. Oleh karena itulah pilih shampo yang sesuai dengan jenis rambut kita.

Saat ketombe sedang parah-parahnya, kita perlu keramas dengan menggunakan shampo anti ketombe setiap hari. Namun setelah ketombe itu mulai berkurang, kita bisa kurangi frekuensi keramas menjadi dua hingga tiga kali dalam seminggu. Saat keramas itu, kita tak perlu terburu-buru untuk membilas. Diamkan setidaknya 5 menit agar shampoo ini mampu menyerap ke dalam rambut. Begitulah cara alami menghilangkan ketombe yang dianjurkan. Jika ternyata, setelah penanganan ketombe ini hasilnya belum sesuai harapan, dianjurkan untuk datang ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Cara menghilangkan ketombe secara alami

Bagi teman-teman yang lebih memilih menggunakan cara-cara yang alami, untuk melengkapi artikel ini kami juga akan menyajikan beberapa informasi tentang cara mengatasi ketombe secara alami yang cukup populer dan sudah banyak digunakan.

cara mengatasi ketombe dengan daun pandan

Daun Pandan

 

1. Mengambil manfaat dari daun pandan

Penggunaan daun pandan untuk membantu mengatasi masalah ketombe yang membandhel sudah sangat populer sejak dulu. Ribet! Ya sedikit ribet memang tapi sangat bagus hasilnya, apakah sobat Ayla tertarik untuk mencobanya, silahkan dicatat ya.

Bahan yang diperlukan,

  • 6 lembar daun pandan ukuran sedang yang masih segar

Cara membuatnya adalah,

  • Cuci daun pandan yang telah disiapkan sebelumnya sampai benar-benar bersih, periksa pada batang bagian belakangnya, jika ada yang menempel seperti kapas lembut bentukya segera buang dan bersihkan.
  • Potong kecil-kecil dan haluskan daun pandan yang sudah bersih ini dan letakkan pada mangkuk atau tempat yang bersih lainnya. Setelah itu peraslah dan ambil airnya.

Cara menggunakan

  • Siapkan rambut teman-teman, pastikan bersih dan dalam keadaan kering sehingga bisa maksimal saat menerima perawatan ini.
  • Oleskan air hasil perasan tadi pada seluruh bagian rambut secara merata tanpa ada yang terlewatkan dan biarkan selama kurang lebih 20 menit.
  • Setelah selesai barulah rambut kita bilas dengan cara dicuci bersih.
cara alami menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

(c) shutterstock.com

2. Memanfaatkan khasiat dari Minyak Zaitun

Cara ini juga cukup populer baik di luar negri maupun di Indonesia, yaitu salah satu pilihan cara mengatasi ketombe dengan minyak zaitun.

Bahan yang diperlukan,

  • Minyak Zaitun
  • Handuk sedang bersih

Cara menggunakan,

  • Siapkan rambut kita terlebih dahulu, banyak disarankan setiap kali melakukan perawatan hendaknya rambut dalam keadaan bersih dan kering.
  • Tuang sedikit minyak zaitun di telapak tangan kita yang tentunya sudah harus dicuci bersih sebelumnya.
  • Perlahan oleskan minyak pada rambut teman-teman sambil diberikan pijatan ringan pada kulit kepala, tidak perlu terlalu keras, perlahan dan ringan saja.
  • Setelah merata dan tuntas, segera ambil handuk yang telah teman-teman persiapkan dan tutup bagian rambut kita selama 40 menit atau lebih.
  • Sama halnya dengan perawatan lainnya, segeralah bilas rambut Anda dengan air bersih setelah selesai melakukan perawatan ini.
cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya

(c) shutterstock.com

3. Memanfaatkan khasiat dari lidah buaya

Nah, dipenghujung artikel ini kami sajikan salah satu bahan alami yang sangat banyak dipakai sebagai pilihan cara alami menghilangkan ketombe dengan cepat dan paling banyak direkomendasikan yaitu lidah buaya atau aloe vera. Langsung saja ya kita bahas disini.

Bahan yang diperlukan,

  • 1 buah daun lidah buaya ukurans edang yang masih segar

Cara membuatnya,

  • Cuci bersih daun lidah buaya yang telah kita siapkan dan kemudian segera kupas bagian kulit luarnya dan ambil bagian dagingnya saja.
  • Haluskan daging lidagh buaya tadi dan letakkan pada mangkuk bersih sebelum nanti kita gunakan untuk perawatan rambut kita.

Cara menggunakan,

  • Siapkan remabut kita seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, yang penting kering dan tentunya juga bersih.
  • Oleskan daging lidah buaya yang telah ditumbuk tadi keseluruh bagian rambut secara merata dan biarkan dulu selama kurang lebih 15 menit saja.
  • Cuci bersih rambut teman-teman dengan air bersih dan biarkan kering alami jangan menggunakan pengering rambut.

Sebetulnya masih ada banyak lagi bahan alami lainnya yang bisa dipergunakan sebagai pilihan cara menghilangkan ketombe secara alami ini. Tetapi kami sengaja hanya menuliskan yang paling populer berdasarkan pada hasil pencarian di internet dan dari informasi offline di salon and spa yang kami kunjungi. Silahkan dicatat dan konsutasikan dengan ahli kecantikan atau teman lain yang telah menggunaknnya. Selamat mencoba beberapa cara diatas dan tolong bantu bagikan informasi ini ke teman lainnya melalui jejearing sosial, siapa tahu ada sobat Ayla lainnya yang membutuhkan, salam.(Ayla/Alw)


DMCA.com Protection Status