Tips Diet Menurunkan Berat Badan dengan Mengurangi Kalori

Salah satu kunci diet menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi konsumsi kalori yang berasal dari gula dan lemak padat. Repotnya, kebanyakan dari kita dalam makan setiap harinya tak lepas dari itu. Banyak makanan dan minuman yang memberi banyak kalori namun sedikit nutrisi. Contohnya seperti minuman soda dan kue. Akibatnya, tak perlu heran jika kemudian di antara kita semakin banyak yang tubuhnya bertambah subur atau dengan kata lain bertubuh gendut.

diet menurunkan berat badan

(c) shutterstock.com

Oleh karena itu, kalau kita ingin diet menurunkan berat badan, kita perlu memberi perhatian khusus pada kalori. Jangan sampai banyak upaya diet yang kita lakukan menjadi sia-sia gara-gara tubuh kita masih menerima limpahan banyak kalori. Lalu apa yang sebaiknya dilakukan? Berikut sebuah lansiran menarik dari laman choosemyplate.gov tentang hal ini.

Mutlak kita harus menghindari atau minimal mengurangi makanan yang banyak mengandung kalori. Apa sajakah makanan dan minuman yang mengandung banyak kalori?

Amat banyak contohnya. Sekedar menyebut beberapa contoh makanan dan minuman yang banyak mengandung kalori itu seperti:

  • Kue dan donat
  • Soda, minuman energi, minuman olahraga, dan minuman buah (terdapat tambahan gula)
  • Keju (mengandung lemak padat)
  • Pizza (mengandung lemak padat)
  • Es krim (mengandung lemak padat dan gula tambahan)
  • Sosis dan hot dog (mengandung lemak padat)

Inilah makanan dan minuman yang berkalori tinggi yang sebaiknya kita hindari. Jika sudah tahu, tentu kita mulai sekarang perlu menjauhinya sebagai bagian dari diet untuk menurunkan berat badan.

Tidak hanya menghindari, tapi kita bisa menggantinya dengan makanan dan minuman yang lebih sehat. Contohnya, daripada minum minuman bersoda lebih baik kita minum air putih. Minuman bersoda sudah jelas mengandung kalori, sementara oar putih itu bebas kalori.

Kalaupun kita tak tidak bisa menghindari 100 persen kalori, kita bisa memilih makanan lain yang setidaknya mengandung lebih sedikit kalori. Misalnya daripada kita makan kue, lebih baik kita ganti dengan buah.

Kalaupun kemudian kita tak punya pilihan lain untuk mengkonsumsinya, agar kita tetap bisa melakukan diet untuk melangsingkan badan, bisa dengan mengurangi porsinya. Misalkan di jamuan makan terdapat menu es krim dan kita tidak bisa menolak tawaran dari tuan rumah. Kita bisa ambil es krim tersebut tapi dalam porsi yang kecil. Dengan begitu, peningkatan asupan kalori dalam tubuh bisa diminimalkan. Banyak trik dan cara yang bisa kita lakukan kan untuk diet menurunkan berat badan ? jangan patah semangat dan semoga berhasil dietnya.(Ayla/Idr)


DMCA.com Protection Status