Tips Lengkap Panduan dan Persiapan Mudik yang Nyaman dan Aman

Semua umat Islam yang sedang berdomisili di luar kampung halamannya pasti berharap dapat mudik lebaran demi bertemu dengan keluarga besarnya meskipun mesti menempuh perjalanan yang jauh. Perjalanan mudik akan menjadi nyaman dan aman bila kamu bisa benar-benar mempersiapkannya dengan baik. persiapan mudik di bawah ini akan sangat berguna bagi kamu yang sedang merencanakan untuk mudik lebaran.

tips mudik lebaran

(c) shutterstock.com

Hal-hal yang Mesti Dipersiapkan Sebelum Mudik Lebaran

Transportasi

Sesuaikan pilihan transportasi dengan budget yang kamu punya, jumlah anggota keluarga yang turut serta, juga letak tujuan. Bila kamu punya uang lebih dan memiliki anggota keluarga yang masih bayi, balita atau anak-anak, maka lebih baik gunakan pesawat agar anak tidak lama rewel dan lebih baik tidak menggunakan kendaraan roda dua demi keamanan. Bila berencana menggunakan kendaraan pribadi, maka pastikan keadaan kendaraan sedang dalam keadaan yang baik. Siapkan juga sparepart kendaraan seperti ban cadangan, busi, tali rem, dan lain-lainnya.

Pakaian

Sesuaikan jumlah pakaian yang dibawa dengan jumlah hari mudik. Gunakan pakaian yang nyaman menurutmu saat melakukan perjalanan dan bawa pakaian-pakaian yang diperlukan saja untuk dipakai di kampung halaman. Ingat bawa popok bila turut serta membawa bayi.

Obat-obatan

Persiapkan kotak P3K dengan isi obat-obatan yang sering digunakan. Bila kamu atau anggota keluarga ada yang memiliki penyakit khusus seperti alergi, maka jangan lupa membawa obat tersebut. Setidaknya bawa obat mabuk, kasa, betadine, obat maag, plester, obat nyeri, dan obat demam. Bagi para supir, jangan mengonsumsi obat-obatan yang memiliki efek samping mengantuk, ya.

Fisik dan Mental yang Kuat

Tidurlah yang cukup sebelum berangkat, terutama bagi yang menggunakan kendaraan pribadi. Minum air putih yang cukup dan multivitamin agar segar saat perjalanan. Persiapkan juga mental yang kuat karena kemungkinan besar akan menemui kemacetan di perjalanan.

Playlist Lagu-lagu Favorit

Agar tidak bosan dan ngantuk saat perjalanan, tidak ada salahnya menyiapkan playlist lagu-lagu kesukaan untuk menemani perjalananmu. Masukkan saja ke flashdisk atau burn ke dalam CD untuk diputar di mobil. Bila mudik menggunakan transportasi umum, penuhi media player di gadget-mu dengan lagu-lagu favorit.

Powerbank dan Pulsa yang Cukup

Ini penting untuk menunjang fungsi gadget yang tentu sangat bermanfaat untuk menunjukkan jalan (GPS), menghubungi keluarga, atau untuk sekedar mendengarkan musik.

Tips-Tips Untukmu yang Sedang Mempersiapkan Mudik Lebaran

Hemat di Jalan

Pengeluaran saat perjalanan mudik lebaran bisa ditekan dengan cara membawa bekal makanan untuk di jalan. Jadi, bila kamu mampir ke rest area, kamu tidak perlu selalu membeli makanan di sana. Siapkan juga snack, susu kotak, dan air mineral untuk cemilan di jalan dan sebagai ‘amunisi’ bila anak-anak mulai rewel.

Makan Makanan Sehat Sebelum Perjalanan

Makan yang cukup saja dan jangan terlalu banyak agar tidak mengantuk terutama bagi yang menyetir. Usahakan makan-makanan yang sehat dan hindari makanan-makanan yang asam, pedas, kopi, dan teh karena dapat merangsang pencernaan. Tentu kamu tidak mau kan kalau di perjalanan mesti risau mencari toilet? Teh dan kopi juga dapat menyebabkan dehidrasi sehingga nanti akan menyebabkan kamu cepat merasa kebelet buang air kecil.

Istirahat Bila Lelah

Jangan memaksa untuk tetap melanjutkan perjalanan bila sudah kelelahan atau mengantuk, terutama bagi yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi. Istirahatlah sejenak di rest area untuk memulihkan energi dan konsentrasi. Mengemudi saat kelelahan dan mengantuk tentu akan membahayakan keselamatanmu dan keluarga.

Berdoa Sebelum Perjalanan

Sebelum memulai perjalanan, sangat baik bila berdoa terlebih dahulu agar diberikan keselamatan oleh-Nya sehingga perjalanan mudik lebaran menjadi lancar dan aman.

Tips mudik lebaran di atas dapat diterapkan agar perjalanan mudik menjadi aman dan nyaman. Intinya adalah, pilih transportasi yang sesuai, siapkan pula pakaian, obat-obatan, serta fisik dan mental yang kuat. Istirahatlah bila sudah lelah dan jangan lupa berdoa sebelum memulai perjalanan agar mudik anda menjadi lancar dan berkah. Jangan sampai momen bahagiamu bertemu keluarga jadi terhambat karena persiapan mudik lebaran yang tidak matang.


DMCA.com Protection Status