Tips Makan Sehat untuk Diet Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Makan sehat merupakan bagian penting untuk membuat penurunan berat badan. Melakukannya juga tidak sulit, hanya saja karena kurangnya pengetahuan kita mengenai menu makan yang sehat membuat kita tak terbiasa melakukannya. Kunci dari penurunan berat badan adalah makanan dan minuman yang kita konsumsi tidak lebih besar dari yang kita butuhkan. Sehingga dengan begitu tak ada kalori yang tertimbun dalam tubuh, hal ini juga pernah dilansir dilaman nhs.uk.

makan sehat

(c) shutterstock.com

Kalau kita makan atau minum terlalu banyak dibanding yang dibutuhkan, jelas itu akan menambah berat badan kita. Oleh karena itu, untuk penurunan berat badan, makanan yang kita konsumsi harus lebih sedikit dari kalori yang dibakar.Umumnya laki-laki membutuhkan 2.500 kalori sehari, sementara perempuan butuh sekitar 2.000 kalori. Nah menu makan sehat yang kita konsumsi hendaknya kalorinya tak melebihi angka tersebut. Dengan begitu, berat tubuh kita bisa turun dengan cepat.

Perhatikan nutrisi pada pola makan sehat

Dalam menu makan yang sehat yang kita buat, penting untuk memastikan makanan itu mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Apa sajakah yang dibutuhkan tubuh kita?

Karbohidrat. Contohnya seperti kentang, sereal, pasta, nasi dan roti. Porsinya adalah sepertiga dari makanan yang kita konsumsi. Dengan begitu kita tak akan mengalami kelebihan berat badan

Sayuran dan buah. Kita perlu memperbanyak sayuran dan buah-buahan dalam menu makan diet sehat kita. Setidaknya kita perlu makan 5 porsi buah atau sayuran tiap harinya. Sebagai contoh, segelas jus itu dihitung sebagai porsi. Mengapa kita butuh banyak makan sayuran dan buah? Sebab sayuran dan buah mengandung banyak serat dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Sering memakannya tidak akan membuat kita gampang lapar.

Makan ikan. ikan merupakan sumber protein yang bagus dan mengandung banyak vitamin dan mineral. Dalam menu tips makan sehat untuk diet kita, setidaknya kita makan dua porsi ikan dalam seminggu. Pada ikan juga terdapat lemak omega-3, yang dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Kurangi lemak tak sehat dan gula. Tubuh kita memang butuh lemak, namun jika jumlahnya berlebih dapat meningkatkan kolesterol dalam darah yang berisiko meningkatkan penyakit jantung. Lemak tak sehat itu banyak terdapat dalam makanan seperti keju, kue, biskuit, sosis, mentega. Cobalah untuk mengurangi asupan lemak tak sehat dan menggantinya dengan lemak sehat seperti yang terdapat pada minyak sayur, minyak ikan, dan alpukat.

Begitupun dengan gula, sebaiknya dikurangi. Makanan dan minuman yang mengandung gula potensial membuat peningkatan berat badan. Lebih baik meminum air putih saja untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Kurangi garam. Makan terlalu banyak garam tidak baik untuk tubuh kita. Karena dapat meningkatkan tekanan darah. Bagi yang mengidap tekanan darah tinggi, konsumsi garam berlebih bisa membuatnya meningkat menjadi penyakit jantung atau stroke.

Selain membuat menu makanan sehat untuk diet, kita juga perlu berolahraga agar penurunan berat badan bisa lebih cepat. Tubuh yang aktif bergerak akan mengurangi risiko penyakit jantung, stroke dan diabetes. Penting juga untuk minum air minimal 2 liter tiap harinya. Dengan begitu kita akan terhindar dari dehidrasi dan tak akan sering merasa lapar. (Ayla/Idr)


DMCA.com Protection Status