Tips Memperkuat Iman Saat Berpuasa : Semoga Pahala Mengalir

Sebagai umat Islam, seringkali kita merasakan kadar keimanan kita naik turun, sebagaimana yang dikatakan oleh seorang sahabat Abu ad-Darda’ Uwaimir al-Anshaari Rahimullah bahwa ‘iman itu bertambah dan berkurang’ (al-iimaanu yazdaadu wa yanqush). Hal tersebut semakin meyakinkan bahwa keimanan seseorang bisa naik dan turun dengan mudah.apalagi di bulan ramadhan ini, tentunya setiap hamba ingin selalu memperbaiki imannya bukan? Saat Bulan Ramadhan, umat Islam dituntut untuk berpuasa. Tidak hanya puasa makan, minum, dan jimak saja, akan tetapi juga puasa menahan nafsu dari semua hal yang dilarang oleh-Nya dan untuk melakukan itu diperlukan iman yang kuat.

tips beriman

(c) shutterstock.com

Cara-cara memperkuat iman di bulan puasa

Hal pertama yang dapat dilakukan untuk menjaga dan memperkuat iman di bulan puasa adalah rutin mendirikan sholat tahajud. Allah telah menjadikan sholat tahajud sholat yang utama setelah sholat wajib, sebagaimana perintah-Nya yang tercantum dalam Surat Qaaf ayat 40, “Dan bertasbihlah kamu kepada-Nya di malam hari dan setiap selesai sholat.” Sholat tahajud memiliki banyak faedah, di antaranya adalah terampuni dosa-dosa dan makbulnya doa-doa.

Tips beriman selanjutnya adalah banyak-banyak baca Alqur’an dan berdzikir. Tidak hanya membaca saja, melainkan juga memahami dan mempraktikkan maknanya dalam kehidupan sehari-hari. Berdzikir dan membaca Qur’an dapat membuat kita sadar betapa kecilnya diri ini di hadapan-Nya sehingga membuat kita tambah mengimani-Nya. Perintah untuk berdzikir ini termaktub dalam Surat Al-Ahzab ayat 41 dengan arti “Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya”.

Tips jadi orang beriman yang ketiga yaitu bertemanlah dengan orang-orang shaleh dan membaca kisah perjalanan hidup Salafush Shalih (para sahabat Rasulullah SAW). Dengan mempelajari perjalanan hidup para sahabat, tentu akan timbul motivasi untuk melakukan kebaikan-kebaikan seperti yang dilakukan oleh mereka. Jadi, kamu tidak akan bosan untuk selalu berlomba-lomba mencari kebaikan dong.

Baca juga :

Dengan melakukan sholat tahajud, mentadabburi Alqur’an dan berdzikir, serta meniru kebaikan-kebaikan para sahabat dengan ikhlas dan mengharap ridho-Nya, insyaAllah iman kita dapat tetap kuat selama Bulan Ramadhan dan setiap harinya.(Ayla/IBW)


DMCA.com Protection Status