Tips Memutihkan Kulit Secara Alami dengan Lulur dan Masker Beras

Ada berbagai tips memutihkan kulit secara alami yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Salah satunya adalah dengan menggunakan beras sebagai bahannya. Beras sebagai makanan pokok masyarakat Indonesia ternyata memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan kulit. Tidak hanya kulit tubuh, tetapi juga kulit wajah. Mengapa? Hal ini dikarenakan berbagai macam kandungan yang ada di dalam beras, seperti vitamin C, vitamin E, dan vitamin B1 yang bisa memperkecil pori-pori serta membuat kulit menjadi lebih putih, asam ferulic yang berguna sebagai anti oksidan dan alantonin yang disebut juga sebagai anti inflamasi. Kandungan dalam beras juga berfungsi untuk mengangkat dan mengelupas sel-sel kulit mati sehingga proses regenerasi kulit menjadi lancar.

tips memutihkan kulit secara alami

(c) shutterstock.com

Selain manfaat-manfaat yang disebutkan di atas, vitamin B yang terkandung dalam beras juga bisa membuat kulit menjadi lebih bersinar. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk membeli masker dengan bahan beras, karena di bawah ini akan dijelaskan tips memutihkan kulit secara alami menggunakan beras sebagai bahan dasarnya.

Masker untuk wajah

Salah satu masker berbahan dasar alami yang bisa digunakan di wajah adalah masker beras. Masker beras ini dapat memutihkan kulit wajah, menghilangkan jerawat, serta mengencangkan kulit wajah. Pertama-tama Anda harus membuat tepung beras terlebih dahulu yang akan digunakan untuk masker. Cuci beras hingga bersih dan rendam di dalam air, diamkan semalaman. Kemudian, tiriskan beras dan tumbuk hingga menjadi halus. Jemur beras yang telah dihaluskan di bawah sinar matahari hingga kering. Tepung beras pun siap untuk digunakan. Jika tepung berasnya berlebihan, Anda bisa menyimpannya di kotak kedap udara.

Untuk membuat masker wajah, campurkan dua sendok makan tepung beras dan dua sendok makan madu. Campurkan sedikit minyak zaitun dan aduk hingga rata. Aplikasikan masker beras tersebut ke wajah secara merata dan tunggu hingga mengering sekitar 20 hingga 30 menit. Kemudian bilaslah wajah menggunakan air dingin hingga bersih.

Lulur untuk tubuh

Sama seperti halnya untuk wajah, beras juga sangat bermanfaat bagi kulit tubuh. Beras ini akan dijadikan lulur untuk tubuh yang berguna untuk mengangkat sel kulit mati. Caranya dengan mencampurkan dua sendok makan tepung beras, dua ruas kunyit dan kencur yang sudah dihaluskan. Aduk hingga menjadi pasta. Sebelum memakainya, pastikan tubuh Anda bersih dari kotoran. Oleskan minyak zaitun ke tubuh yang akan dibaluri lulur dan biarkan hingga meresap. Selanjutnya Anda bisa mengoleskan lulur beras tersebut ke tubuh dan tunggu hingga mengering. Setelah mengering, gosoklah lulus tersebut agar sel-sel kulit mati ikut terangkat. Bilas dengan air hangat hingga bersih.

Melembutkan tangan

Untuk melembutkan tangan, Anda bisa mengunakan 75 gram beras merah yang telah direndam di air hangat selama satu jam, setengah gelas daging labu, dan 15 ml santan. Blender semua bahan hingga halus dan aplikasikan pada tangan. Anda bisa menggunakan sarung tangan agar hasil yang didapatkan lebih maksimal. Tunggu hingga mengering dan setelahnya bisa dibilas menggunakan air mengalir atau air hangat hingga bersih.

Demikianlah beberapa tips memutihkan kulit secara alami menggunakan lulur dan masker beras. Pastikan Anda menggunakan beras tanpa pengawet untuk membuat lulur dan masker. Ini dikarenakan beras alami tanpa pengawet masih belum tercampur dengan berbagai bahan lainnya yang bisa membuat hasil yang didapat kurang efektif.(Ayla/San)


DMCA.com Protection Status