Tips Mengatasi Kulit Kering dan Gatal secara Alami

Ketika kulit kering dan gatal jelas itu sangat menjengkelkan. Bisa-bisa seharian kita harus menggaruk-garuk kulit yang gatal itu. Pasti itu mengganggu dan membuat tidak nyaman. Apalagi ketika bertemu dengan orang lain, bisa membuat kita malu sendiri. Tapi tak perlu khawatir, sebab ada tips untuk mengatasinya. Yang penting harus segera coba diatasi. Sebab jika tidak, dikhawatirkan bisa makin parah dan menyebabkan terjadinya eksim atau dermatitis. Supaya hal itu tak berlanjut, bisa coba lakukan hal-hal berikut ini.

tips mengatasi kutit kering

(c) shutterstock.com

Penting diingat untuk cara atasi kulit kering dan gatal dengan sebisa mungkin menghindari sentuhan langsung dengan kulit. Oleh karena itu, kita butuh untuk memakai sarung tangan. Lebih baik lagi jika di kulit tersebut juga diberi “penghalang”. Misalnya dengan kain pada baju yang dipakai. Supaya tidak menimbulkan kondisi yang mungkin lebih parah. Selain itu, tentu kita harus berusaha untuk menekan keinginan menggaruk itu sekuat mungkin. Baru kalau sudah tidak tahan, kita boleh garuk tapi dengan sangat pelan dan menggunakan sarung tangan. Kadang masalah kulit kering itu terjadi setelah berenang. Jadi buat yang hobi berenang, biasakan untuk membilas badan seusai renang. Lalu dilanjutkan dengan memberikan pelembab yang mengandung gliserin.

Ada juga cara mengatasi kulit kering dan gatal yang lumayan mudah. Caranya dengan menggunakan oat yang punya khasiat kuat untuk membantu meredakan dan menyembuhkan rasa gatal pada kulit. Sejak dulu oatmeal ternyata sudah berkhasiat untuk mengobati kulit kering. Setelah diteliti, hal itu disebabkan adanya zat bernama avenanthramides yang mampu melawan peradangan dan kemerahan pada kulit. Cara menggunakan oats untuk mengatasi kulit gatal ini adalah dengan menaburkannya pada bathup atau ember dan gunakan untuk berendam selama kurang lebih 15 menit. Cara ini dipercaya mampu membuat rasa gatal pada kulit kering itu menghilang.

Tentu, melakukan pencegahan kulit kering dan gatal itu juga sangat penting. Seperti dengan selalu membersihkan rumah dari kotoran dan debu. Rutin mengepel, mencuci seprai dan membersihkan isi rumah bisa menjadi jalan terbaik untuk mencegah supaya kulit kering kita tidak menjadi gatal. Siapkan juga pembersih tangan yang banyak dijual di toko. Bawa selalu dan gunakan sesuai keperluan. Sehingga tangan kita selalu bersih dan dapat mencegah terjadinya gatal yang tidak diinginkan itu.(Ayla/Idr)


DMCA.com Protection Status