Tips Menghindari Rasa Lesu Saat Berpuasa Di Bulan Ramadhan

Orang yang melakukan puasa akan berhadapan dengan rasa lesu. Memang puasa itu sangat erat hubungannya dengan kelesuhan. Berikut saya tuliskan tips berpuasa untuk menghindari kelesuhan yang kamu alami selama menjalankan puasa Ramadhan. Jadi, bisa kamu gunakan untuk referensimu. Dan bisa kamu gunakan.

tips agar tidak lesu saat berpuasa

(c) shutterstock.com

Pilih tips berpuasa menghindari lesu yang sesuai

Minumlah minuman yang manis

Untuk meningkatkan energy dalam tubuh, digunakan minuman yang manis untuk meningkatkannya. Karena memang ini berhubungan dengan kadar gula dalam darah maka usahakan untuk meminum minuman yang manis. Gunakan rasa manis yang alami bukan buatan, seperti gula tebu, madu dan yang lainnya.

Hindari makan sahur yang berlebihan

Makna bahwa makan banyak akan kenyang dan sehat itu tidak sepenuhnya benar. Ketika menghadapi puasa, usahakan sahur secukupnya, jangan terlalu  berlebihan karena hanya akan membuat tubuh kamu merasakan lelah dengan cepat. Jadi, gunakan takaran yang lazim saja.

Lakukan aktifitas secara normal (biasa)

Puasa bukan untuk menjadi alasan bermalas-malasan. Lakukanlah aktifitas seperti biasanya, tetapi mesti harus memperhatikan kondisi tubuh. Jangan terlalu melakukan aktifitas yang berat dan memaksakan diri. Dalam tubuh terdapat beberapa hormon yang bekerja aktif dan akan selalu bekerja ketika kita juga melakukan aktifitas sehingga tubuh tetap akan sehat saat berpuasa.

Tingkatkan kadar protein dalam tubuh kamu

Meningkatkan konsumsi kadar protein saat sahur merupakan jalan yang bagus untuk menghindarkan kelesuhan dalam tubuh saat berpuasa. Itu dikarenakan dalam tubuh membutuhkan protein yang lebih banyak saat kamu berpuasa. Jadi, usahakan menu sahur kamu yang banyak mengandung protein seperti daging, telur, ika asin, keju,susu dan beberapa sayuran yang mendukung seperti buncis, kacang hijau, kedelai dan sebagaianya. Dengan begitu kelesuhan akan pergi dari tubuh kamu.

Baca juga :

Yang sudah saya tuliskan di atas bisa kamu praktekkan. Tips tetap sehat dan bugar saat berpuasa yang sudah saya tuliskan tersebut jelas akan menghindarkan kamu dari kelesuhan yang melanda. Nah, kamu bisa mencoba ketika Ramdhan sudah tiba. Selamat mencoba. (Ayla/IBW)


DMCA.com Protection Status