Tips Menyusui Saat Ramadhan Agar Puasa Tetap Lancar dan Bayi Sehat

Puasa adalah ibadah wajib bagi umat Islam, baik muslim maupun muslimah. Walaupun termasuk ibadah wajib, terdapat kemudahan-kemudahan untuk menjalankan ibadah puasa bagi keadaan-keadaan tertentu, salah satunya adalah busui (ibu menyusui) yang diberi keringanan berupa mengganti puasa atau membayar fidyah. Bagaimana bila sang busui tetap ingin menyusui? Berikut tips ibu menyusui saat berpuasa yang perlu kamu ketahui.

tips ibu menyusui saat berpuasa

(c) shutterstock.com

Tips menyusui saat puasa ramadhan agar nutrisi buah hati terpenuhi

Penuhi kebutuhan kalori

Busui yang sangat dianjurkan untuk tidak berpuasa adalah busui yang sedang dalam masa ASI Ekslusif. Pada masa tersebut (enam bulan awal setelah kelahiran) adalah masa dimana kebutuhan gizi bayi sangat tergantung pada sang ibu karena pada saat itu makanannya hanya ASI. Pada enam bulan awal ini, busui perlu tambahan kalori sebanyak 500 kkal yang didapatkan dengan porsi 50% karbohidrat, 30% protein, dan 20% lemak. Serat, mineral, dan vitamin bisa diperoleh dari konsumsi buah-buahan. Busui hendaknya makan tiga kali sehari, yaitu saat sahur, buka puasa, dan setelah shalat tarawih.

Konsumsi cukup cairan

Bahan pembawa ASI adalah air dan oleh karena itu busui tak boleh sampai kekurangan air. Air bisa didapatkan dari minum air putih yang sebanyak minimal dua liter sejak buka puasa sebelumnya hingga sahur dan juga dari buah-buahan segar.

Rileks

Rasa khawatir sang buah hati tak mendapatkan gizi cukup justru akan membuat ASI jadi susah keluar. Apabila ibu tenang dan rileks dalam masa menyusui, ASI akan lebih mudah keluar. Hormon oksitosin, yang biasa disebut hormon cinta, adalah hormon yang merangsang pengeluaran ASI dan akan lebih banyak diproduksi dalam tubuh ibu bila sang ibu dalam keadaan tenang dan bahagia.

Persediaan air susu ibu

Wajar saja bila jumlah ASI berkurang di siang hari dan lebih banyak di malam hari. Hal ini bisa dimanfaatkan dengan memerah ASI di malam hari agar pada siang hari bayi tak kekurangan ASI. Dengan demikian, ibu menjadi lebih tenang karena punya persediaan ASI di kulkas.

Baca juga :

Demikian tips ibu menyusui ketika puasa agar busui tetap dapat beribadah tanpa cemas sang buah hati kekurangan nutrisi. Dengan mengatur pola makan, minum air yang banyak, dan tetap rileks dapat membuat hal tersebut menjadi kenyataan. (Ayla/IBW)


DMCA.com Protection Status