Tips Merawat Rambut Secara Alami Agar Sehat Indah Berkilau

Tips merawat rambut secara alami akan jadi topik bahasan kita kali ini. Kita semua pasti ingin memiliki rambut yang sehat. Masalah rambut seperti rambut rontok, berketombe, gatal, berminyak, dan lain-lain memang kadang menyerang rambut kita. Ada banyak penyebab mengapa rambut tersebut menjadi rusak atau bermasalah. Bisa jadi karena kurang menjaga kebersihan rambut, kesehatan tubuh, dan faktor luar lainnya.

tips merawat rambut

(c) shutterstock.com

Merawat rambut sebaiknya dilakukan secara rutin sehingga permasalahan rambut dapat dihindarkan. Rambut seperti halnya bagian tubuh lainnya juga perlu dijaga kesehatannya. Rambut yang sehat akan menunjang penampilan kita. Jika ingin rambut yang sehat dan indah coba tips merawat rambut secara alami berikut ini:

Keramas rutin tapi tidak terlalu sering

Keramas akan membuat rambut menjadi terjaga kebersihannya, namun terlalu sering keramas juga tidak terlalu baik. Bahan kimia yang terdapat pada produk sampo bisa membuat rambut kering dan mudah rapuh jika terlalu sering terkena bahan kimia tersebut. Keramaslah dengan lembut dan jangan keramas setiap hari.

Mengeringkan rambut secara alami

Keringkan rambut secara alami karena ini lebih baik daripada mengeringkan rambut dengan pengering atau hair dryer. Selesai keramas, biarkan rambut tergerai dan kering secara alami. Jangan menyisir rambut saat masih basah karena rambut saat itu lebih rapuh sehingga mudah patah saat disisir.

Menggunakan masker alami

Masker alami untuk perawatan rambut perlu dilakukan jika rambut bermasalah, misalnya mudah rontok. Berikut ini beberapa masker rambut yang bisa dicoba:

Masker putih telur

Putih telur bisa dicampur dengan minyak zaitun, caranya dengan mencampur satu sendok teh minyak zaitun dengan putih telur yang sudah dikocok. Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala dan rambut lalu biarkan selama 20 menit. Kemudian bilas dengan air bersih dan cuci dengan sampo.

Masker teh hijau

Teh hijau selain sehat untuk diminum ternyata juga bagus jika dipakai sebagai masker. Cara menggunakannya yaitu dengan menyeduh dua teh hijau dengan air panas. Diamkan sejenak sampai sedikit hangat lalu oleskan pada kulit kepala dan rambut. Setelah bilas sampai bersih.

Masker lidah buaya

Lidah buaya memang sudah cukup terkenal dengan khasiatnya untuk mengatasi masalah rambut kering dan rambut rontok. Cara menggunakannya yaitu memotong lidah buaya yang masih segar dan memakai bagian dagingnya. Oleskan pada bagian kulit kepala. Tunggu sampai beberapa jam sebelum dibilas dengan air hangat.

Itulah beberapa tips merawat rambut supaya sehat. Kita perlu melakukan perawatan secara rutin dan berkelanjutan karena rambut juga cukup penting dalam penampilan seseorang. Rambut yang sehat dan berkilau akan menunjang penampilan seseorang, tak hanya itu perasaan nyaman saat memiliki rambut yang sehat juga akan berpengaruh pada perasaan seseorang.(Ayla/San)

Artikel terkait : tips merawat rambut smoothing, tips merawat rambut agar cepat panjang, tips merawat rambut rontok, tips merawat rambut secara alami, perawatan rambut, tips merawat rambut kering, tips merawat rambut rusak, tips merawat rambut rebonding.


DMCA.com Protection Status