Tips Merawat Wajah Dengan Masker Buatan Sendiri Yang Cukup Mudah

Melakukan perawatan wajah tentu menjadi salah satu kebutuhan sebagian besar kaum wanita untuk mendapatkan wajah yang sehat, bersih, dan putih. Tetapi, tidak semua wanita mau mengeluarkan biaya yang mahal untuk melakukan perawatan wajah. Selain itu, kesibukan sehari-hari bisa membuat wanita tidak sempat pergi ke klinik kecantikan. Dan akhirnya, perawatan wajah pun terlupakan. Salah satu pilihan yang bisa digunakan adalah dengan melakukan perawatan wajah sendiri di rumah. Banyak tips merawat wajah dengan masker buatan sendiri yang dibagi di internet. Tapi tidak semua tips tersebut memberikan cara yang mudah untuk dilakukan sendiri.

tips merawat wajah dengan masker buatan sendiri

(c) shutterstock.com

Bagi Anda yang sedang mencari solusi untuk melakukan perawatan wajah, di bawah ini akan diberikan beberapa cara merawat wajah menggunakan masker buatan sendiri yang cukup mudah:

Masker bengkoang

Masker bengkoang ini dapat digunakan bagi Anda yang menginginkan kulit wajah yang putih alami. Cara membuatnya, kupas dan cuci bersih satu atau dua buah bengkoang. Haluskan bengkoang tersebut dengan cara diparut atau ditumbuk. Peras bengkoang yang sudah halus dan tamping air perasan bengkoang dalam sebuah wadah. Diamkan beberapa saat hingga air perasan tersebut mengendap dan terlihat gumpalan putih di dasar wadah. Buang air perasan hingga yang tersisa hanyalah hasil endapannya. Endapan tersebut yang akan dijadikan sebagai masker wajah. Oleskan masker bengkoang ke seluruh area wajah hingga merata dan diamkan selama 10 hingga 30 menit kemudian bilas hingga bersih. Atau Anda juga bisa memakainnya selama tidur dan dibersihkan keesokan harinya ketika Anda bangun tidur.

Masker alpukat

Masker alpukat ini cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan kulit wajah yang halus dan lembut. Siapkan satu buah alpukat. Ambil daging alpukat dan tumbuh hingga halus. Anda bisa menambahkan sedikit madu untuk hasil yang lebih maksimal. Balurkan campuran alpukat dan madu murni tersebut ke wajah dan diamkan selama 30 menit atau hingga mengering. Bilas hingga bersih menggunakan air. Gunakan masker ini dua kali dalam seminggu.

Masker wortel

Anda mempunyai masalah jerawat pada kulit wajah Anda? Masker wortel ini dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat tersebut. Caranya, haluskan wortel segar. Anda bisa menghaluskan wortel dengan cara menggunakan blender, ditumbuk, atau diparut. Oleskan masker wortel ke wajah dan tunggu hingga mengering sebelum dibilas menggunakan air hangat. Untuk mendapatkan kulit wajah yang lembut, Anda bisa menambahkan sedikit madu murni ke dalamnya.

Masker jeruk nipis

Kandungan yang ada dalam jeruk nipis ini bisa membuat kulit wajah Anda terlihat lebih kencang. Anda cukup mencampurkan empat sendok makan tepung terigu, empat sendok makan yogurt, dan satu sendok teh perasan air jeruk nipis yang kemudian diaduk hingga rata dan menjadi pasta. Oleskan masker ke seluruh area wajah (hindari area mata dan bibir). Diamkan selama 15 hingga 30 menit lalu bilas dengan air hangat dan dilanjutkan dengan air dingin agar pori-pori kulit tertutup.

Masker kulit jeruk

Jika Anda ingin terbebas dari kulit berminyak, gunakanlah masker ini. Anda cukup mengeringkan kulit jeruk hingga mengeras lalu di blender dengan ditambahkan susu ke dalamnya. Oleskan ke wajah dan diamkan hingga mengering lalu bilas hingga bersih.

Itulah beberapa cara merawat wajah dengan masker buatan sendiri yang cukup mudah. Mendapatkan kulit wajah yang sehat, bersih, dan putih tidak sesulit yang Anda kira. Cukup dengan kemauan dan rutin menggunakannya.(Ayla/San)


DMCA.com Protection Status